10 Cara Membuat Komputer Bekerja Lebih Cepat !

Cara mempercepat kinerja komputer baik menggunakan sistem operasi windows 7, 10 atau yang lain tidak jauh berbeda. Hal ini juga sedikit mirip dengan cara mengatasi komputer lemot yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, hanya saja ada beberapa yang berbeda.

Kembali pada mempercepat kerja komputer, apakah bisa ? Mungkin istilah lebih tepatnya yaitu memaksimalkan kerja dari sebuah komputer dengan spesifikasi tertentu. Karena kita semua yakin, komputer dengan pentium 4 dan komputer core i7 pasti berbeda kecepatannya.

Namun demikian, tetap ada tips dan trik yang bisa kita lakukan untuk membuat komputer dengan spesifikasi yang ada menjadi lebih maksimal. Sehingga akan terasa cepat apabila kita bandingkan dengan sebelumnya. Bagaimana caranya ? Oke langsung saja kita mulai.

10 Langkah Memaksimalkan Komputer Sehingga Bisa Lebih Cepat

1. Uninstall Program Komputer Yang Berat

Sebagian pengguna komputer tidak begitu memperhatikan software apa saja yang terpasang di komputernya. Padahal tidak semua program digunakan, bahkah hanya beberapa program saja yang selalu intens digunakan. Selebihnya bawaan saat installasi.

Apabila dikurangi tentu akan membuat kerja komputer lebih cepat. Sebab beberapa program komputer yang berat akan membuat proses boot menjadi lama. Ibarat anda lari dengan membawa satu ember air dengan dua ember air tentu akan lebih ringan membawa satu ember.

Oleh sebab itu, cara mempercepat kinerja komputer yang pertama yaitu hapus atau uninstall program komputer yang memiliki kapasitas besar. Terlebih lagi program itu tidak anda gunakan secara intens.

2. Minimalisir Program Pada Sistem Startup

Sepertinya kita sudah pernah membahas masalah ini. Komputer kita dibekali dengan sistem startup. Yaitu sebuah sistem yang digunakan untuk mengatur program – program yang otomatis akan aktif ketika komputer dinyalakan.

Kadangkala, beberapa software menambahkan pengaturan ini secara otomatis. Sehingga terlalu banyak program dalam sistem ini. Apabila kita kurangi dan minimalisir, komputer kita akan lebih cepat dari biasanya.

Namun ingat, jangan semua di non aktifkan. Karena software seperti Antivirus komputer penting dan harus otomatis aktif ketika komputer dinyalakan. Dan ada juga beberapa software yang lain yang sejenis.

Baca : Cara mengatur startup komputer di windows 7

3. Tambah Kapasitas RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu perangkat keras komputer yang sangat berpengaruh terhadap kecepatan komputer. Semakin besar kapasitas RAM, maka dapat dipastikan komputer akan bekerja lebih cepat. Oleh karena itu, tambah kapasitas RAM agar komputer bertambah cepat.

4. Defragment Hardisk

Beberapa sumber yang saya rujuk menggunakan tips ini dalam mempercepat kinerja komputernya. Istilah Defrag berarti menata ulang file – file yang terdapat dalam Hardisk komputer sehingga tidak ada ruang yang kosong ketika sistem membca dan mencari file di dalamnya.

membuat komputer lebih cepat

Dengan demikian, akan lebih mudah dan cepat sistem komputer dalam mengolah file. Saya yakin anda jarang melakukannya, padahal di komputer sudah tersedia secara sefault tools yang berfungsi untuk defrag hardisk komputer.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengatur jadwal kapan waktu komputer anda akan dilakukan defrag. Dengan demikian komputer akan menjalankan sistem ini secara otomatis pada jadwal yang sudah anda tentukan.

5. Bersihkan Hardisk

Tentu yang dimaksudkan di sini bukan membersihkan dari debu, meskipun ini juga baik untuk dilakukan. Maksud membersihkan hardisk adalah “clean up” atau membersihkan sampah komputer. Materi khusus tentang ini juga sudah kita bahas pada kesempatan yang terdahulu. Anda bisa baca kembali jika lupa.

Baca : Cara membersihkan sampah komputer

6. Non Aktifkan “Gadget” Desktop

Sebagian pengguna komputer senang memajang “gadget” yang bisa kita aktifkan di sistem operasi Windows 7 dan yang lainnya. Namun hal ini akan membuat komputer bekerja lebih berat. Efek – efek visual pada windows juga akan membwa dampak yang sama. Oleh sebab itu, agar kinerja komputer lebih cepat, alangkah baiknya semua Gadget dan Efek Visual dinon aktifkan.

7. Cek Virus

Langkah berikutnya untuk membuat komputer menjadi lebih cepat yaitu dengan mengupdate antivirus. Mengapa demikian ? Antivirus akan selalu tajam dan dapat bekerja dengan baik apabila update. Bisa jadi tanpa anda sadari komputer anda sudah terinfeksi virus.

Hal ini karena antivirus di komputer anda tidak pernah update. Atau anda tidak mengaktifkan update secara otomatis. Beberapa virus komputer dapat membuat kinerja komputer menurun. Oleh sebab itu, pada bahasan mengatasi komputer lemot dan cara merawat komputer selalu disebutkan tentang opsi ini.

8. Ubah Pengaturan Daya Pada Kinerja Maksimum

Selanjutnya anda bisa coba langkah ini. Yaitu merubah pengaturan daya maksimum. Hal ini tentu saja akan membuat daya menjadi lebih boros. Akan sangat terasa pada saat anda menggunakan laptop. Namun hal ini dapat menambah kecepatan respon komputer anda. Untuk pengaturan ini anda bisa masuk ke control panel >>Power Option >> High Performance.

cara mempercepat kerja komputer

9. Gunakan Desktop Backgroun Yang Sederhana

Hal ini memang tidak akan memberikan efek yang luarbiasa pada kecepatan komputer anda. Namun setidaknya, hal ini dapat membuat beban kerja RAM semakin kecil dan akhirnya dapat membuat komputer bekerja lebih cepat. Gunakan saja background clasic atau basic.

cara mempercepat kerja komputer

10. Cek Hardisk Eror

Pada windows 7 terdapat beberapa tools yang bisa kita gunakan untuk maintenance hardisk. Beberapa diantaranya sudah dijelaskan diatas yaitu disk clean up, defrag dan yang tidak kalah penting yaitu Check Hardrive Eror. Anda bisa coba menggunakan cara ini untuk meningkatkan kecepatan komputer anda dengan melakukan cek secara berkala.

Untuk melakukannya, klik kanan pada direktori :\C kemudian klik properties dan pilih tab tools. Kemudian klik Check Now >> Start

membuat komputer lebih cepat

Itulah 10 langkah mempercepat kinerja komputer menjadi lebih cepat dari biasanya. Silahkan dicoba, namun perlu diingat. Keterbatasan kerja komputer dapat juga dipengaruhi oleh spesifikasi komputer itu sendiri. Sekian, semoga bermanfaat !

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi komputer tiba – tiba restart

2 Comments

  1. Rivan December 17, 2018 Reply

Leave a Reply

error: Content is protected !!