Solusi Terbaik Mengatasi Laptop Yang Lemot

Laptop lemot atau lelet, terkadang membuat kita jengkel dan ahkirnya mood kerja jadi hilang. Pernahkah anda mengalami hal itu ? Mungkin hampir semua pengguna laptop atau komputer pernah merasakannya. Namun tahukah anda apa yang membuat laptop anda menjadi lemot ? Tips Komputer pada kesempatan ini ingin berbagi informasi penyebab dan cara mengatasi laptop lemot.

Ada banyak tipe atau saat dimana komputer menjadi lemot. Contohnya saja, ketika laptop kita dipaksa untuk melakukan pekerjaan yang banyak dalam waktu yang bersamaan, ketika main game, ketika internetan dan ada juga yang lemot ketika sudah dipakai dalam waktu sekian jam. Lalu, kenapa sih sebenarnya ko laptop bisa lemot ?

Penyebab Laptop Lemot

Segala sesuatu yang terjadi tentu ada penyebabnya. Seperti halnya, laptop yang lemot. Pasti ada penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab yang bisa kita perkirakan yang membuat laptop menjadi lemot.

1. Sistem Operasi Eror

Kita semua mengetahui, laptop atau komputer memiliki dua komponen utama salah satunya software. Dan perangkat lunak yang membuat komputer anda bisa digunakan yaitu perangkat sistem operasi. Kalau ada yang eror, pasti kinerjanya akan berkurang, termasuk juga terasa lelet atau lemot.

2. Permasalahan di Hardisk

Hardisk merupakan salah satu perangkat keras komputer yang vital. Di sinilah semua file perangkat lunak tersimpan. Termasuk juga file installasi sitem operasi dan aplikasi lainnya. Jika terdapat masalah di sini, ototmatis komputer akan lemot.

3. Terlalu Banyak Aplikasi di Startup

Mungkin anda pernah mengalami komputer atau laptop lemot ketika dinyalakan. Bisa jadi faktor penyebabnya adalah dari sini. Yaitu banyaknya aplikasi yang aktif di sistem startup sehingga laptop terlalu berat untuk masuk ke sistem operasi (windows)

4. Sampah Komputer Menumpuk

Setiap kita melakukan perintah di komputer, pada saat itu juga komputer membuat satu file secara otomatis. File – file ini yang sering dinamakan “registry”. Apabila hal ini telah berlangsung cukup lama, kemungkinan tumpukannya cukup banyak dan mengurangi kerja laptop sehingga terasa lemot.

5. Overheating

Penyebab laptop lemot yang berikutnya yaitu Overheating. Hal ini bisa terjadi karena mungkin Fan (kipas) yang terdapat di dalam rusak sehingga tidak bekerja maksimal. Selain itu, terkadang laptop merk tertentu memiliki desain casing yang kurang ventilasi sehingga lebih cepat panas.

6. File Sistem Terlalu Banyak Aplikasi (Software)

Selain membuat hardisk cepat penuh, terlalu banyak aplikasi yang tidak dibutuhkan juga akan membuat laptop menjadi lemot. Karena kapasitas partisi sistem juga pasti akan sempit (penuh). Hal ini cukup berpengaruh terhadap kinerja laptop.

7. Spesifikasi Laptop

Jika anda terbiasa menggunakan laptop dengan procesor core i5 kemudian anda menggunakan laptop cpu dual core pasti akan terasa berbeda. Bisa jadi komputer anda lemot karena memang speknya lama sedangkan anda sudah pernah menggunakan laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari komputer anda.

Baca tutorial : Cara melihat spesifikasi komputer/ laptop

8. Terinfeksi Virus Komputer

cara mengatasi komputer lemot

Ada juga diantara beberapa Virus komputer yang membuat lemot. Seperti Malware, Virus shortcut, dan lain sejenisnya. Apalagi kalau Virus tersebut sudah terscan oleh antivirus dan langsung menghapus file tersebut. Hal ini akan membuat sitem operasi (windows) corrupt karena kehilangan beberapa file.

Mungkin masih ada lagi penyebab laptop menjadi lemot, namun saya rasa 8 hal diatas ini bisa mewakili persoalan yang kebanyakan dihadapi pengguna laptop tentang kinerjanya yang menurun atau menjadi lemot. Berarti kita bisa menyimpulkan cara perbaiki laptop lemot yaitu dengan menghilangkan atau memperkecil penyebab yang sudah kita sebutkan diatas.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Berikut ini beberapa solusi praktis yang bisa anda jadikan referensi untuk memperbaiki dan mengatasi laptop anda yang lemot.

1. Uninstall Windows

Memang tidak dapat kita simpulkan secara langsung, apakah laptop kita menjadi lemot karena sistem operasi yang eror atau bukan. Namun, apabila anda mendapati komputer atau laptop anda lemot dengan kemunculan peringatan – peringatan tentang file sistem corrupt bisa jadi kesimpulannya benar. Maka solusi terbaik menurut saya adalah Uninstall Windows.

Solusi lain yang bisa anda terapkan yaitu mengganti sistem operasi yang lebih ringan. Hal ini ditempuh apabila sistem operasi yang update membuat komputer anda terasa lelet atau lemot. Hal ini biasanya terjadi karena dampak dari update secara online yang membuat banyak aplikasi terintall secara otomatis di laptop anda.

2. Mengatasi Laptop Lemot Karena Permasalahan Hardisk

cara mengatasi komputer lemot

Ada berbagai macam permaslahan yang mungkin terjadi pada perangkat keras yang satu ini. Bisa jadi hanya karena penuh, atau juga bahkan memang hardiks sudah menurun kinerjanya atau bahkan rusak. Berikut ini beberapa solusi laptop lemot yang disebabkan karena hardisk bermasalah

  1. Hapus atau backup file – file dengan kapasitas besar di hardik komputer anda,
  2. Tambahkan partisi untuk sistem, lebih banyak dibanding pastisi untuk file
  3. Defragment hardiks
  4. Cek kesehatan hardisk dan mengganti hardisk apabila memang sudah tidak layak untuk digunakan pada sistem. Biasanya ditandai dengan suara “seperti air mendidih di panci”

Baca : 5 Merk Hardisk internal Laptop rekomended lengkap dengan update harga terbaru

3. Kurangi Aplikasi Aktif di Startup Windows

Startup merupakan satu sistem yang mengatur beberapa aplikasi (program) komputer ikut akif otomatis bersamaan pada saat kita menyalakan komputer. Terkadang kita lupa untuk menseting sehinnga program – program yang tidak perlu aktif saat komputer nyala masih terdapat di sini. Minimalisir program komputer yang ada di statrup, hanya yang penting – penting saja seperti antivirus komputer.

Baca tutorial : Cara mengatus startup komputer

4. Bersihkan Sampah Komputer

Seperti yang sudah kita jelaskan sedikit diatas, bahwa salah satu kemungkinan penyebab laptop lemot yaitu banyaknya file sampah yang ada di komputer. Mungkin sudah bertahun – tahun tidak pernah kita bersihkan. Coba lakukan clean registry dan file sampah lainya baik dengan menggunkan aplikasi atau langsung dari CMD.

Baca tutorialnya : Cara membersihkan file sampah di laptop & komputer

5. Gunakan Fan Pad (kipas laptop)

cara mengatasi komputer lemot

Cara mengatasi laptop lemot karena Overheating bisa dengan menggunakan Kipas Laptop. Namun hal ini juga perlu kita teliti dan analisa. Mengapa laptop atau komputer bisa Overheating. Padahal di dalamnya sudah terdapat fan dan pendingin yang cukup. Bisa jadi kipas yang ada di dalam rusak atau terkena debu sehingga sistem pendingin tidak berjalan dengan maksimal.

Overheating biasanya terjadi ketika laptop sudah kita gunakan dalam beberapa jam. Kemudian akan terasa panas dan kemudian menjadi lemot. Overheating bisa juga disebabkan karena charger laptop terus terpasang sementara baterai sudah terisi penuh. Maka sebaiknya dilepaskan.

6. Hapus (Uninstall) Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Terlalu banyak aplikasi di dalam sistem komputer juga bisa menyebabkan laptop menjadi lemot. Apalagi program komputer dengan kapasitas besar dan bekerja dengan membutuhkan RAM yang banyak. Ditambah lagi dengan aplikasi – aplikasi yang online internet. Hal ini pasti akan membuat laptop anda lemot.

Solusinya Unistall (hapus) aplikasi yang tidak anda gunakan. Pasang aplikasi (program) komputer yang anda gunakan saja setiap hari. Dengan menghapus aplikasi pada sistem juga akan memperbesar ruang pada sistem sehingga laptop dapat berjalan dengan lancar dan tidak lemot.

Pelajari : Cara Mudah Uninstall Program/ Aplikasi di Komputer

7. Gunakan Antivirus Update

Kadangkala, virus komputer juga menyebabkan komputer kita lemot. Hal ini karena mereka menyerang bagian tertentu dari sitem operasi sehingga menjadi corrupt dan kinerjanya kuarang baik. Salah satu cara yang harus dilakukan untuk mengatasi hal ini tidak lain yaitu dengan menginstall antivirus yang update dan dapat digunakan untuk berbagai macam jenis virus. Bila kita memasang antivirus terlalu banyak, justru malah bisa menambah lemot.

Cek : 10 Rekomendasi Antivirus terbaik untuk PC & Laptop

8. Upgrade Spesifikasi Laptop Anda

Coba cek spesifikasi laptop anda, apakah laptop anda tergolong “jadul” ? Jika memang demikian adanya, lakukan dulu solusi laptop lemot pada point pertama hingga ke-6. Apabila hasilnya tidak terlalu berpengaruh, berarti memang perangkat keras laptop anda perlu diupgrade. Coba mulai dari Upgrade kapasitas RAM. Atau agar lebih terasa, ganti saja laptop anda dengan yang baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi lagi.

Bisa lihat : Harga Laptop Toshiba core i5 terbaru

Nah, itulah 7 penyebab dan cara mengatasi laptop lemot versi Tips Komputer. Mudah – mudahan ulasan ini bisa anda jadikan referensi sebagai solusi anda dalam memperbaiki laptop yang lemot. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply