Waspadai Beberapa Virus Komputer Berikut Ini

Bicara soal virus pasti yang ada di pikiran kita adalah penyakit. Ya, virus memang suatu penyakit mengerikan yang bisa menyerang siapa saja, apa saja. Nyatanya, virus tidak hanya bisa menyerang organ tubuh manusia, melainkan juga menyerang sistem buatan manusia, seperti komputer. Berbagai jenis-jenis virus komputer ini menyerang melalui berbagai perantara, bisa dari sebuah aplikasi, internet, maupun perangkat-perangkat yang berhubungan.

Sebelumnya, harus kita ketahui terlebih dahulu apa sebenarnya pengertian virus komputer. Virus komputer adalah program komputer yang dapat memberikan masalah bagi sistem dan data pada komputer. Ia dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan ke dalam dokumen lain. Cara kerjanya sama seperti virus penyakit dalam organ tubuh manusia.

Keberadaan virus komputer memang menjadi mimpi buruk bagi siapa saja. Apalagi, jika komputer terjangkit virus komputer yang berbahaya. Seperti misalnya, pada 2017 lalu, hampir seluruh dunia dibuat geger dengan ancaman virus Ransomware Wanna Decryptor atau disebut juga Ransomware WannaCry.

WannaCry bahkan disebut-sebut sebagai bentuk teroris dalam lingkup cyber. Kemunculan virus Ransomware WannaCry menambah daftar virus berbahaya dan paling menghebohkan dunia sepanjang sejarah. Di tengah ketergantungan masyarakat terhadap komputer, internet, serta perangkat daring lainnya, serangan malware seperti itu tentu saja sangat membahayakan

5 Virus Komputer Yang Menyerang Di Seluruh Dunia

Karenanya, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja macam-macam virus komputer paling berbahaya di dunia dan cara mengatasinya. Berikut ini kami akan memberikan beberapa informasi pentingnya untuk Anda. Jenis-jenis Virus Komputer Paling Berbahaya dan Sempat Menghebohkan Dunia.

1. Ransomware Wanna Decryptor (WannaCry) (2017)

virus komputer berbahaya

www.depokpos.com

Setahun yang lalu virus ini menghebohkan hampir seluruh dunia. Ransom WannaCry adalah sejenis malware yang menyerang komputer dengan cara mengunci komputer milik korban, lalu kemudian semua dokumen dienkripsi, sehingga korban tidak dapat mengaksesnya lagi. Biasanya bertujuan untuk meminta tebusan sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin untuk menukarkannya dengan file yang “disandera”.

Saat itu, kurang lebih ada 200.000 korban WannaCry yang tersebar di sekitar 150 negara. Virus ini menyerang PC berbasis Windows. Dibandingkan dengan jenis lainnya, virus ini adalah yang paling berbahaya karena senjata sibernya milik intelejen Amerika, NSA, yang telah diretas.

Virus ini bisa diatasi dengan mengantisipasi penyimpanan cadangan data penting ke tempat yang tidak terhubung dengan internet. Bisa juga gunakan antivirus, perbarui software antivirus dan Antiransomware. Jika masih tidak bisa, sebaiknya restore data atau install ulang sistem operasi.

2. Stuxnet (2010)

jenis virus komputer

www.techrepublic.com

Yang satu ini juga sempat menghebohkan dunia tahun 2010. Stuxnet menyerang program SCADA (System Control and Data Acquisition). Bahkan, ia mengancam akan meledakkan fasilitas nuklir Iran, menyerang stasiun pembangkit listrik, hingga melumpuhkan sistem keamanan nasional suatu negara. Karenanya, virus ini sering disebut sebagai terorisme dunia maya.

Di Indonesia sendiri, Stuxnet dikenal sebagai virus yang biasanya menyebabkan kerusakan pada flash disk maupun hard disk. Ciri-ciri komputer Anda terserang adalah fasilitas penyimpanan mendadak penuh padahal isinya sedikit, jaringan sering putus, dan kerja komputer menjadi lamban.

Kaspersky Labs telah berkerja sama dengan Microsoft untuk mengatasi masalah virus ini dengan meluncurkan patch. Patch nantinya akan berguna untuk memastikan pelanggan tetap terlindungi dna mendapatkan informasi dari serangan.

3. Storm Worm (2007)

Storm Worm sempat menginfeksi sekitar 1-50 juta komputer di seluruh dunia. Virus ini pertama kali tersebar pada 2007 dengan cara didistribusikan dalam pesan email yang berisi “230 dead as storm batters Eropa”. Email yang terinfeksi mengandung file executable (jenis file yang dapat diterjemahkan dan dijalankan langsung oleh kernel tanpa aplikasi tambahan).

Setelah dibuka, malware akan secara otomatis terinstal di komputer dan menjadi botnet (jaringan PC yang bisa dikontrol dari jarak jauh). Anda bisa mengatasi virus ini dengan bootable CD yang berisi file manager. Virus ini dan sejenisnya juga dapat berpengaruh terhadap kinerja komputer, akhirnya komputer bisa menjadi lemot.

Baca : Penyebab dan cara mengatasi komputer lemot

4. Trojan

jenis virus komputer

Virus yang lengkap bernama Trojan Horse atau Kuda Troya ini menyerang komputer secara diam-diam. Program nampak seolah baik-baik saja, namun saat pengguna lengah, virus ini justru bertindak sangat agresif dengan merusak sistem dam membuatnya crash.

Tujuannya adalah mencuri informasi data dan password yang tercatat pada komputer secara otomatis. Bahkan, Trojan bisa membuat penyerang mengendalikan komputer dari jarak jauh. Namun, virus ini masih bisa di atasi dengan software Trojan Remover.

5. ILOVEU

jenis virus komputer

Virus ini juga menyerang melalui internet, tepatnya email yang berisi kalimat “I LOVE YOU”. Orang banyak yang tertipu membuka email ini karena dikira surat cinta. Namun, setelah membukanya, virus bisa langsung menyebar ke 50 kontak pertama di email penerima. Jenis-jenis virus komputer semacam ini bisa diatasi dengan mengunduh security patch khusus dalam OS komputer.

Masih ada banyak sekali macam Virus komputer yang selalu mengancam komputer kita. Terlebih lagi kalau komputer kita selalu terhubung dengan jaringan internet. Salah satu solusinya, seperti yang telah kita bahas diatas, yaitu tidak lain perkuat pertahanan komputer kita dengan memasang Antivirus yang selalu update. Sekian, semoga bermanfaat !

Penting : 10 referensi Antivirus terbaik untuk PC anda

Leave a Reply