Tips & Trik Belajar Mengetik 10 Jari

Mengetik dengan 10 jari memanglah bukan sebuah kewajiban atau keharusan bagi setiap orang dalam mengetik. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengetik dengan cepat dan benar sehingga pekerjaan kita menjadi lebih efektif. Namun, pengalaman saya. Orang yang bisa mengetik menggunakan 10 jarinya dengan benar, atau mendekati benar, akan cenderung bisa mengetik lebih cepat dan benar daripada orang yang tidak menggunakan teknik ini.

Oleh sebab itu, teknik mengetik 10 jari perlu kita pelajari. Meskipun sedikit terlambat, namun lambat laun akan terbiasa dan bisa mendekati sempurna. Untuk anda yang baru belajar komputer. Ilmu ini lebih baik anda kuasai. Tertatih – tatih di depan jauh lebih baik, karena anda akan merasakan nikmatnya esok hari. Kabar baiknya, tips komputer kali ini akan mengulas beberapa tips, teknik, tutorial cara belajar mengetik menggunakan 10 jari.

Kiat – Kiat Dan Cara Mengetik Dengan 10 Jari

1. Perhatikan Posisi Dasar Jari

Kebanyakan dari kita memang memiliki latar belakang yang sama dalam belajar komputer, yaitu secara otodidak. Jadi hal paling mendasar ini pun tidak kita ketahui. Mengetik yang benar, yakni dengan 10 jari tidak lepas dari posisi dasar jari tangan kanan dan kiri pada keyboard. Bagaimana posisinya ? Anda bisa lihat gambar di bawah ini :

posisi dasar mengetik 10 jari

www.typing.academy

Konsep dasar ini haruslah anda kuasai. Ini adalah posisi awal jari – jemari kita.

  • Jari tangan kiri ditempatkan pada posisi A,S,D, dan F
  • Jari tangan kanan ditempatkan pada posisi J,K,L, dan ;
  • Kedua ibu jari ada pada tombol spasi

Ingat selalu posisi ini, dan anggaplah ini sebagai posisi awal dimana anda harus kembali ke posisi ini sesaat setelah mengetik beberapa kata. Posisi ini memberikan keuntungan pada jari – jemari kita untuk menjangkau lebih banyak tombol secara cepat dan tepat.

Untuk memdahkan, saat jari anda akan kembali pada posisi dasar ini, anda bisa raba dengan jari anda, pada tombol F dan J, terdapat sedikit tonjolan. Jari telunjuk kiri anda pada tombol F dan jari telunjuk kanan pada tombol J.

2. Skema Pergerakan Jari

Pelajaran berikutnya dalam latihan mengetik 10 jari adalah dengan memaksa jari – jari kita bergerak sesuai dengan wilayah masing – masing. Di awal kita sudah belajar bagaimana letak posisi dasar jari jemari kita saat mengetik. Sekarang masing – masing dari jari tersebut harus dilatih untuk bergerak sesuai dengan wilahnya. Coba perhatikan gambar berikut ini :

tips mengetik 10 jari

www.typing.academy

Sebenarnya ini bukanlah sebuah aturan yang baku. Bahkan saya katakana anda aturan ini hanya sebagian aturan yang dibuat. Anda tidak wajib untuk menjalankan aturan tersebut. Namun untuk memulai belajar teknik mengetik 10 jari ini. Anda perlu menuntun jari anda berlatih untuk bergerak sesuai dengan kaedah yang ditunjukan pada gambar tersebut.

Misalnya anda akan mencoba untuk menulis kata “Belajar” maka huruf “b” anda tekan menggunakan jari telunjuk kiri, kemudian “e” anda tekan menggunakan jari tengah kiri, huruf “l” anda tekan dengan jari manis kanan, selanjutnya huruf “a” anda tekan dengan jari kelingking kiri. Huruf “j” anda tekan dengan jari telunjuk kanan. Begitu seterusnya sesuai dengan apa yang ada dalam gambar.

Tentunya ini tidak akan mudah, namun anda bisa rasakan hasilnya nanti ketika anda sudah terbiasa menggunakan teknik ini. Bahkan jari anda seolah – olah sudah memiliki mata sendiri dan tahu, mana yang harus ditekan sesuai dengan bagiannya.

3. Jangan Terburu-buru

Hampir semua orang ingin memperoleh keberhasilan dalam waktu cepat. Demikian juga dengan kita yang sedang belajar mengetik dengan 10 jari. Pasti ingin cepat bisa. Namun hal ini justru akan membuat kita semakin lama. Sikap instan keinginan untuk cepat menjadi bisa terkadang akan memunculkan efek terburu – buru. Dan hal ini sangat buruk dalam belajar mengetik.

Terlebih lagi untuk anda yang sudah terbiasa mengetik dengan teknik 11 jari. Kemudian ingin memperbaiki metodenya sehingga berusaha untuk belajar teknik yang benar dengan 10 jari. Pasti akan sangat membosankan, dan ingin sekali cepat bisa menguasainya.

Nah, sekesar tips untuk anda yang sedang belajar mengetik dengan 10 jari. Teknunlah dan nikmatilah prosesnya, pelajari dengan benar dan sabar tekniknya. Dua teknik di urutan pertama dan ke dua bila anda jalankan secara rutin dalam waktu tidak lama anda akan merasakan hasilnya.

4. Perhatikan Posisi Duduk Anda

Memperhatikan posisi duduk anda saat di depan komputer memang tidak secara langsung dapat membuat anda mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat. Namun hal ini cukup berpengaruh terhadap mood, kesehatan tulang, dan juga kondisi fisik.

posisi duduk mengetik 10 jari

www.typing.academy

Posisi yang tidak benar saat duduk menghadap komputer pasti akan membuat punggung terasa capek ahkirnya mood menjadi hilang dan pastinya mengetik juga akan malas.

Lalu, bagaimana posisi duduk menghadap komputer yang benar ? untuk dapat mudah mempraktekan teknik mengetik 10 jari ? Berikut sedikit tipsnya.

  • Duduk dengan tegak dan selalu menjaga tubuh tetap lurus
  • Tekuk siku anda pada bagian sudut kanan
  • Hadapkan kepala anda pada layar monitor dengan sedikit miring ke depan
  • Usahakan jaga jarak antara dan layar sekitar 45 – 70 cm
  • Posisikan otot lengan, bahu dan pergelangan tangan serileks mungkin
  • Usahakan jangan menggeser berat beban tubuh anda pada pergelangan tangan
  • Pergelangan tangan anda bisa menyentuh meja keyboard atau jika anda menggunakan laptop bisa letakan di bagian bawah keyboard.

5. Bila Perlu Gunakan Software Belajar Mengetik

Tips belajar mengetik 10 jari yang selanjutnya adalah anda boleh menggunakan media belajar untuk membantu anda dalam belajar. Hal ini juga akan mengurangi kejenuhan anda dalam belajar.

Carilah software baik secara online atau offline dengan tema game. Biasanya anda akan dituntut untuk memenangkan tantangan baik berupa mengetik dengan panduan tertentu atau adu cepat. Nah, anda bebas memilih mana yang akan anda gunakan.

6. Bila Lelah Istirahatlah

Beratih tanpa henti bukan merupakan tips yang tepat untuk dapat menguasai teknik mengetik 10 jari dengan cepat. Bahkan jari – jari dan pergelangan tangan anda dapat mengalami cidera serius bila anda memaksakan diri untuk belajar secara terus – menerus.

Inilah tips terakhir, jangan tergesa – gesa dalam belajar dan istirahatkan diri anda ketika sudah merasa lelah. Kondisi lelah justru akan membuat belajar anda semakin sulit. Oleh sebab itu, istirahatkanlah diri anda dan anda bisa mulai lagi apabila sudah segar. Hal ini akan jauh lebih baik dan efektif dalam belajar.

Baca juga : Cara ngeprint bolak – balik pake printer manual

Mungkin ini saja tips dan trik singkat bagaimana belajar teknik mengetik 10 jari dan juga beberapa kiat – kiat dalam belajar. Sekian, semoga dapat bermanfaat untuk semuanya, khususnya untuk anda yang membutuhkan.

Leave a Reply

error: Content is protected !!