Komputer Sering Restart ? Ini Dia Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Menyebalkan rasanya memang apabila kita sedang asik menggunakan komputer tetapi tiba – tiba restart sendiri tanpa ada peringatan. Terlebih lagi ketika kita sedang mengerjakan tugas. Kenapa sih komputer bisa tiba – tiba restart sendiri ? Dalam artikel ini anda akan temukan jawabannya.

Sebagaimana kita ketahui, komputer terdiri dari dua komponen penting. Hardware atau perangkat keras, dan juga Software atau perangkat lunak. Dan hal ini sudah pernah kita bahas di kesempatan yang lalu. Oke, berarti penyebabnya hanya dua macam itu. Namun secara lebih detail kita akan uraikan sekarang.

Penyebab Komputer Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Berikut ini ada beberapa solusi apabila komputer anda mengalami gejala restart tanpa sebab. Mudah – mudahan cara ini cocok dan dapat mengatasi masalah anda. Berikut beberapa tipsnya.

1. Nonaktifkan Fitur Otomatis Restart

Di dalam komputer kita, terutama dengan sistem operasi Windows, terdapat satu fitur dimana satu saat komputer dalam masalah, maka akan otomatis restart. Nah terkadang terdapat masalah yang tidak terlalu beresiko, namun karena otomatis, jadi komputer kita resatart sendiri.

Untuk mematikan fitur ini, anda bisa panggil melalui “Run” ketik tekan logo windows + R di keyboard anda. Setelah muncul, kemudian anda ketik “sysdm.cpl” lalu tekan “Enter” atau “Ok”.

komputer restart sendiri

Selanjutnya akan muncul jendela sistem properties seperti gambar di bawah. Select (pilih) di tab “Advanced” kemudian di bagian “Startup anda recovery” klik “seting”. Setelah muncul jendela “Startup anda recovery”, hilangkan tanda centang pada opsi “Automatically restart” kemudian klik “Ok

komputer sering restart sendiri

Hal ini bertujuan untuk membuat komputer anda tidak restart ketika ada masalah. Jadi setelah melakukan hal pertama, anda juga sebaiknya mengecek beberapa kemungkinan selanjutnya.

2. Hardware Bermasalah Atau Rusak

Komputer sering restart sendiri juga sangat bisa disebabkan oleh harware yang bermasalah. Untuk itu, coba anda cek harware berikut ini :

# RAM

Komponen atau perangkat keras komputer yang perlu anda periksa pertama kali adalah RAM (Random Acces Memory). Perangkat ini memegang peranan penting dari mulai komputer pertam kali dinyalakan. Jadi sangat besar kemungkinan terdapat masalah pada komponen ini.

Mungkin anda bukan seorang teknisi yang dapat mengetahui bagaimana kondisi RAM yang rusak. Namun simpel saja, coba buka cover CPU anda dan lepaskan RAM dari slotnya, kemudian bersihkan dengan penghapus. Jangan lupa bersihkan juga slotnya. Kemudian masukkan lagi. Atau bisa tersedia slot yang kosong, bisa pindah RAM ke slot yang satunya.

# Proccesor

Permaslahan pada prosesor komputer (CPU) juga kadangkala membuat komputer restart secara tiba – tiba. Coba periksa bagian kipas prosesor, barangkali kotor yang membuat angin tidak bisa mengalir secara maksimal, dan akhirnya membuat overheating.

Jika anda bisa, buka dan bersihkan dari debu dan kotoran kemudian coba cek pada termal paste atau sejenis pasta yang menempel pada prosesor. Bisa jadi sudah kering dan akhirnya prosesor terlalu panas. Tidak hanya komputer sering restart, permasalahan lain yang disebabkan karena overhat pada prosesor diantaranya komputer tidak bisa booting.

3. Driver Minta Update

Hal ini sepertinya sih jarang terjadi, tapi tetap saja ada kemungkinan bisa terjadi. Coba cek driver perangkat komputer anda. Seperti aplikasi di HP, kadangkala driver komputer juga perlu diupdate apabila terdapat seri barunya. Jadi coba update semua driver di komputer anda.

4. Gara – Gara Output Device

Apakah di komputer anda terdapat device yang menancap begitu banyak ? coba lepaskan satu – persatu dan kemudian coba nyalakan komputer anda. Apakah keluhan itu masih ada atau tidak ? Karena bisa jadi beberapa macam output device komputer yang terpasang di komputer anda ada yang bermasalah dan membuat restart tiba – tiba.

5. Komputer Terinfeksi Virus

Tidak hanya menjadi sebab komputer lemot, namun terkadang jenis virus tertentu bisa membuat software yang satu dan yang lain saling kres dengan windows dan akhirnya membuat komputer restart sendiri. Jenis virus komputer yang sering menyerang hingga membuat komputer hang atau restart kebanyakan virus malware yang tidak sengaja kita dapatkan dari internet.

Untuk masalah yang satu ini, anda sebaiknya memiliki antivirus yang dapat digunakan untuk segala jenis virus termasuk juga malware. Jadi anda tidak harus memasang beberapa antivirus di komputer anda. Karena hal ini justru membuat komputer kerap kali eror. Silahkan cari antivirus yang bagus untuk PC dan sekaligus update dengan harga yang murah.

6. Listrik Kurang Stabil

Permasalahan yang bisa saja terjadi dalam kasus seperti ini ialah karena faktor listrik yang tidak stabil. Bisa berasal dari listrik PLN di rumah anda atau juga dari power supply yang terdapat di komputer anda. Ada baiknya, sesekali waktu anda coba komputer anda di tempat lain dan lihat hasilnya. Atau anda meminjam power suply milik teman anda kemudian anda pasang di komputer anda.

Nah, itulah beberapa perkiraan dan kemungkinan penyebab serta cara mengatasi komputer tiba – tiba restart sendiri secara berulang – ulang. Mudah – mudahan diantara beberapa opsi yang kita bahas di kesempatan ini, salah satu atau beberapa diantaranya tepat dan permasalahan komputer anda dapat teratasi.

Baca juga : Cara efektif mengatasi Komputer lemot

Leave a Reply

error: Content is protected !!