Apa Saja Yang Termasuk Output Device Komputer ? Baca Selengkapnya !

Komputer adalah perangkat elektronik yang terdiri dari satu kesatuan. Kesatuan di dalam komputer terdiri dari input, processing, dan output.Artinya, komputer menerima masukan (input) dari luar, kemudian diproses oleh CPU, dan menghasilkan keluaran (output). Output dari komputer bisa dibaca oleh pengguna komputer melalui perangkat keluaran atau dikenal dengan output device.

Menurut para ahli, output device adalah seperangkat alat yang memiliki fungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh CPU komputer. Hasil pengolahan data tersebut bisa ditampilkan secara digital (softcopy) atau cetak (hardcopy) tergantung dari jenis output device komputer yang digunakan. Contoh output device komputer dan fungsinya secara terperinci akan dijelaskan melalui ulasan di bawah ini.

Contoh Output Device Komputer dan Fungsinya

1. Speaker

output device komputer

Output device yang harus ada di perangkat komputer adalah speaker. Pengertian output device komputer yang satu ini memiliki fungsi sebagai perangkat keluaran untuk suara. Pada dasarnya speaker yang ada di dalam komputer tidak ada bedanya dengan komputer yang ada di perangkat audio yang lain. Namun, speaker yang ada di dalam komputer memiliki ukuran yang lebih minimalis supaya output device ini tidak menghabiskan banyak ruang atau merepotkan pengguna komputer.Sehingga, speaker komputer sering ditanamkan di dalam CPU komputer.

Ada pula speaker yang dihubungkan ke CPU komputer dengan kabel USB. Speaker jenis ini memiliki ukuran yang kecil dan bentuk yang beraneka ragam. Walau speaker untuk komputer memiliki bentuk yang minimalis, kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker komputer tidak kalah dengan suara yang dihasilkan perangkat audio yang lain. Bahkan, speaker komputer sudah dilengkapi dengan fitur equalizer.

2. Monitor

Monitor merupakan output device yang wajib ada di setiap perangkat komputer. Pengertian output device yang satu ini adalah perangkat keluaran komputer dengan fungsi menampilkan hasil pengolahan data komputer secara digital. Hasil pengolahan data komputer yang ditampilkan melalui monitor bisa berupa gambar, video, kata, dan angka. Sehingga, monitor kerap disebut sebagai visual display unit atau computer display.

output device komputer

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, monitor telah mengalami perkembangan dari segi ukuran dan segi resolusi layar. Dari segi ukuran, output device yang satu ini sudah memiliki dimensi yang lebih ramping. Monitor komputer sudah tidak seperti televisi tabung yang menggembung, melainkan tipis seperti televisi flat.

Namun, ukuran layar monitor komputer sudah mengalami perkembangan. Monitor komputer tidak lagi berukuran 14 inci, tetapi ada ukuran 21 inci, 29 inci, sampai dengan 42 inci. Sedangkan dari segi resolusi, monitor komputer sudah mengalami peningkatan resolusi yang lebih tinggi.Sehingga, data yang ditampilkan oleh layar komputer menjadi lebih tajam dan jernih.

Monitor komputer yang beredar di pasaran terdiri dari berbagai macam jenis. Jenis pertama dari monitor komputer adalah monitor CRT atau Cahode Ray Tube. Output device jenis ini merupakan monitor generasi pertama dengan ciri-ciri berupa layar yang cembung dan dimensi serta bobot yang besar.

Monitor CRT bekerja melalui sinar katoda yang dipancarkan di tabung hampa udara melalui kecepatan yang tinggi. Kemudian, sinarkatoda yang terpancarterebut dipantulkan ke layar komputer yang memilikisifatflourescentatauberpencarjika terkena paparan cahaya.

Monitor komputer generasi kedua adalah monitor LCD atau Liquid Crystal Display. Monitor jenis ini menggunakan cairan kristal untuk menghasilkan tampilan layar yang lebih tajam dan jernih. Cairan kristal yang ada pada monitor LCD memiliki fungsi untuk menyusun cahaya dan piksel yang akan ditampilkan melalui lampu neon putih yang ada di belakang cairan kristal tersebut. Salah satu cara untuk mendeteksi layar LCD adalah dengan menekan layar tersebut. Jika, terdapat cairan, maka layar tersebut adalah layar LCD.

Jenis monitor yang digunakan bersama komputer di era modern ini adalah monitor LED atau Light Emitting Diode. Monitor LED lebih unggul daripada monitor LCD dari segi ketajaman warna dan kualitas tampilan. Keunggulan lain dari monitor LED adalah bisa menghemat penggunaan daya komputer sebanyak 50%. Sehingga, kinerja CPU komputer bisa lebih ringan.Selain itu, monitor LED kerap dilengkapi dengan fitur layar sentuh atau touchscreen.

Ada lagi satu jenis monitor komputer yang lebih canggih yaitu monitor AMOLED. Monitor ini menggunakan teknologi layar sentuh secara langsung. Monitor ini memiliki kecerahan atau brightness yang tinggi. Sehingga, video dan gambar bisa ditampilkan dengan ketajaman warna yang lebih cerah dan lebih tajam, bahkan di bawah sinar matahari sekalipun. Keunggulan lain dari monitor ini adalah dimensi yang tipis.

3. Printer

output device komputer

Printer merupakan output device yang memiliki fungsi untuk menampilkan data dengan bentuk cetak atau hardfile. Data yang bisa dihasilkan oleh printer meliputi data berupa gambar, kata, dan angka. Output device ini memerlukan kertas dan tinta untuk menampilkan hasil pengolahan data tersebut.
Printer mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Printer generasi pertama adalah printer dengan jenis Dot Matrix. Printer ini masih digunakan sampai saat ini karena harganya yang terjangkau. Prinsip kerja printer Dot Matrix adalah dengan menghubungkan dot atau titik untuk menghasilkan cetakan. Komponen yang paling penting di dalam output device ini adalah cartridge atau pita yang menempel pada kertas dan menghasilkan output yang sesuai dengan input.

Jenis printer yang kedua adalah printer Ink Jet. Printer ini merupakan modifikasi terbaru dari printer dengan jenis Dot Matrix. Sehingga, printer ini masih menggunakan catridge dan tinta sebagai komponen yang digunakan untuk mencetak. Printer Ink Jet memiliki kecepatan cetak yang lebih cepat dibandingkan dengan printer Dot Matrix.

Artikel terkait : Bagian – bagian printer dan fungsinya lengkap

Bahkan, printer ini bisa mencetak tanpa menimbulkan bunyi. Printer jenis ini juga menyediakan port USB, sehingga printer ini bisa mencetak tanpa harus dihubungkan dengan komputer. Keunggulan lain dari printer Ink Jet adalah warna yang lebih tajam sehingga bisa digunakan untuk mencetak dokumen yang berwarna atau foto dengan kualitas yang tinggi.

Jenis printer yang paling canggih adalah printer Laset Jet. Printer ini menggunakan tidak menggunakan tinta dan cartridge seperti dua printer sebelumnya, melainkan menggunakan bubuk toner. Printer ini juga berfungsi sebagai mesin fotokopi dan scanner. Keunggulan dari printer jenis ini adalah ukuran kertas bisa lebih beragam karena printer ini hadir dalam berbagai macam ukuran. Selain itu, printer ini memiliki kecepatan cetak yang cepat dan tidak menimbulkan suara. Printer ini cocok untuk digunakan di perkantoran.

4. Plotter

Plotter adalah output device pada komputer dengan prinsip kerja yang sama dengan printer. Hanya saja plotter digunakan untuk mencetak di kertas dengan ukuran yang besar, seperti kertas A0 atau A3. Plotter biasanya ditemukan di tempat fotokopi atau percetakan. Plotter digunakan untuk mencetak poster atau peta. Namun, gambar tersebut harus memiliki resolusi tinggi.

5. Scanner

output device komputer

Meskipun sudah sedikit di singgung di atas, pada awalnya scanner merupakan alat tersendiri. Termasuk Output Device komputer yang memiliki fungsi sebagai pengubah atau konverter yaitu mengubah file fisik menjadi sebuah file digital. Scanner umumnya memiliki ukuran sama seperti printer yaitu antara A4, F4, Folio dan sejenisnya yang banyak digunakan.

Keunggulan scanner dibanding dengan printer scanner dalam hal resolusi dan kecepatan scan. Alat ini lebih cepat dan resolusinya lebih bagus karena memang didesain secara khusus hanya berfungsi sebagai scanner saja. Namun pamor alat ini sedikit mencitu sejak adanya printer scanner dan juga aplikasi yang membuat smartphone bisa digunakan sebagai alat scan yang handal.

Diluar sana masih ada banyak sekali Output device komputer yang belum bisa kita bahas pada kesempatan kali ini. Namun setidaknya, 5 macam output device komputer ini bisa menambah pengetahuan dan memperluas wawasan kita mengenai seluk – beluk komputer. Sekian, semoga bermanfaat.

Selengkapnya tentang : Perangkat keras komputer dan fungsinya

Leave a Reply