Inilah Jenis – Jenis Komputer Yang Ada di Dunia Hingga Sekarang

Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang dirumuskan. alat ini menjadi salah satu alat yang sangat membantu pekerjaan manusia saat ini dengan kemampuan multitask-nya. Pada umumnya, orang-orang sering menganggap komputer sebagai laptop ataupun dekstop. Padahal apabila kita berbicara mengenai komputer, terdapat banyak sekali jenis jenis komputer. Nah pada artikel berikut ini akan kami uraikan jenis komputer berdasarkan fungsi, data yang diolah, ukuran dan generasinya.

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Fungsinya

Komputer dirancang untuk tujuan atau fungsi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, komputer memiliki beberapa jenis yang diklasifikasikan berdasarkan fungsinya. Jenis jenis komputer berdasarkan fungsinya dibagi menjadi 4 (empat) antara lain komputer Embedded System, Information Appliance (IA), Workstation dan Server. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai keempat jenis komputer tersebut beserta fungsinya, berikut adalah klasifikasinya :

1. Embedded System

jenis - jenis komputer

Seperti namanya, “Embedded” berarti merupakan sistem komputer yang digunakan dengan ditancapkan ke dalam mesin yang akan dikontrol. Embedded System adalah sebuah sistem komputer dengan rancangan yang dirancang khusus untuk suatu tujuan tertentu guna meningkatkan tujuan atau fungsi suatu mesin.

Dengan demikian, Embedded System bukan termasuk ke dalam jenis komputer yang berfungsi serba guna melainkan hanya berfungsi untuk melakukan tugas tertentu saja sesuai yang telah diset sebelummnya. Contoh fungsi penggunaan Embedded System antara lain untuk perangkat komunikasi, instrumentasi medik, automated vehicles control dan process control.

2. Information Appliance (IA)

jenis - jenis komputer

Information Appliance adalah sebuah sistem komputer yang dirancang khusus guna melakukan pekerjaan elektronik seperti mengedit teks, fotografi, atau memainkan musik. Information Appliance dapat diterapkan pada personal digital assistant (PDA) dan smartphone.

3. Workstation

jenis - jenis komputer

Workstation ialah komputer yang dirancang guna melayani satu pengguna dan berisi beberapa perangkat keras khusus tambahan yang biasanya tidak ditemukan di PC (komputer pribadi). Jenis komputer Workstation dibuat untuk menjalankan berbagai aplikasi ilmiah atau teknis. Workstation bekerja dengan terhubung ke jaringan Local Area Network atau LAN dan juga menjalankan operasi multi-user.

Dibandingkan dengan PC, Workstation memiliki kinerja yang lebih optimal khususnya pada bagian Grafis dan CPU, kemampuan multi-tasking dan kapasitas memori. Jika dilihat dari bentuk fisiknya, Workstation memiliki layar beresolusi tinggi, mouse serta keyboard layaknya komputer pada umumnya. Akan tetapi, Workstation memiliki multiple displays, 3D mouse, tablet grafis dan perangkat tambahan lainnya.

Baca juga : Mengenal macam – macam jaringan komputer

4. Server

jenis - jenis komputer

Server adalah perangkat komputer yang menawarkan fungsi untuk perangkat lain atau program yang disebut “Client”. Jenis komputer server ini menawarkan program yang disebut model client-server. Server memiliki fungsi yang disebut dengan service atau layanan seperti misalnya berbagi data atau sharing data kepada client.

Nah, karena fungsi server yang digunakan untuk memberi service atau layanan kepada client yang secara terus-menerus maka pada umumnya server jarang sekali atau bahkan tidak pernah dimatikan. Apabila server memiliki masalah dalam sistemnya maka akan mempengaruhi pengguna jaringan atau client lainnya. Pasalnya, server merupakan center atau pusat dari pengguna jaringan tersebut.

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Data yang Diolah

Selain memiliki fungsi yang berbeda-beda, beberapa komputer juga memiliki data yang diolah secara berbeda-beda. Oleh sebab itu, terdapat beberapa jenis komputer yang didasarkan pada data yang diolah. Jenis komputer berdasarkan data yang diolah antara lain:

1. Komputer Analog

jenis - jenis komputer

Komputer Analog adalah komputer yang dirancang untuk dapat berkerja secara paralel untuk mengolah data yang bersifat kontinyu dengan data berupa angka-angka kuantitatif dan besaran fisik seperti tekanan udara, temperatur, arus listrik, kecepatan angin, gelombang suara, dan lain-lain.

Kelebihan menggunakan komputer analog yaitu pengolahan data yang cepat, ketepatan dalam pengukuran, dapat berfungsi untuk pengontrolan yang otomatis pada proses suatu industri tertentu. Jenis jenis komputer analog antara lain termometer, amperemeter, pengukur arus, voltmeter, pengukur tekanan, pengukur kecepatan, dan lain-lain.

2. Komputer Digital

jenis - jenis komputer

Komputer Digital adalah komputer yang dirancang untuk bekerja berdasarkan sistem operasi hitung. Variabel yang terdapat dalam komputer digital ini dinyatakan dengan besaran angka. Penyelesaian masalah yang dilakukan oleh komputer digital dilakukan dengan proses turunan matematika yaitu aritmatika dan kuantitatif.

Data yang muncul dari komputer digital pada umumnya berupa simbol-simbol yang mempunyai arti tertentu seperti simbol numerik yang dilambangkan dengan angka 0-9, simbol alphabetis yang dilambangkan dengan huruf A-Z, dan simbol-simbol khusus lainnya. Komputer Digital biasanya digunakan untuk teknik dan aplikasi bisnis. Jenis jenis komputer digital yang digunakan antara lain kalkulator, IBM PC3, dan Apple lle.

3. Komputer Hybrid

jenis - jenis komputer

Komputer Hybrid adalah komputer yang dirancang untuk bekerja dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Komputer Hybrid adalah gabungan komputer analog dengan komputer digital. Oleh sebab itu, komputer jenis Hybrid ini dapat bekerja secara kualitatif maupun kuantitatif. Perbedaan komputer Hybrid dengan komputer analog dan digital adalah komputer Hybrid dapat bekerja lebih tepat dari komputer jenis analog dan lebih cepat dari komputer jenis digital.

Pengaplikasian komputer Hybrid biasanya digunakan pada robot-robot atau mesin yang digunakan sebagai pekerja pada suatu pabrik dan juga digunakan rumah sakit untuk memeriksa kondisi tubuh pasien dengan analisis dari komputer tersebut yang menghasilkan analisis berupa grafik, gambar, atau tulisan.

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Ukurannya

Komputer yang dirancang untuk suatu fungsi-fungsi tertentu akan memiliki bentuk ukuran yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, komputer dapat dibedakan berdasarkan ukurannya. Jenis komputer berdasarkan ukuran dapat dibedakan menjadi 4 antara lain Microcomputer, Minicomputer, Mainframe Computer, dan Supercomputer. Agar lebih terperinci mengenai keempat jenis komputer tersebut, berikut adalah uraiannya :

1. Microcomputer (Kompuer Mikro)

jenis - jenis komputer

Berdasarkan namanya, microcomputer merupakan komputer paling kecil ukurannya dibandingkan dengan jenis komputer lainnya. Microcomputer adalah komputer yang memakai mikroprosesor sebagai CPU atau unit pemrosesan utama. Contoh dari microcomputer ini antara lain Netbook, Notebook, Laptop, Ultrabook, Komputer Dekstop, Personal Digital Assistant (PDA), Smartphone dan Tablet dan Game Konsol. Karena bentuk dan ukurannya yang simpel, komputer jenis ini adalah yang paling banyak dan sering digunakan. Selain itu, harga jual dari microcomputer juga lebih murah dibandingkan dengan minicomputer, mainframe computer dan supercomputer.

2. Minicomputer (kompuer mini)

jenis - jenis komputer

Minicomputer adalah jenis komputer yang berdasarkan ukurannya lebih besar daripada microcomputer. Minicomputer memiliki kemampuan penyimpanan data dan pengolahan data yang lebih besar daripada microcomputer. Akan tetapi, pada umumnya minicomputer tidak digunakan untuk single user (satu pengguna) melainkan digunakan oleh perusahaan besar atau organisasi pada masing-masing departemen untuk tujuan tertentu. Misalnya, minicomputer digunakan oleh departemen produksi untuk memantau jalannya proses produksi agar sesuai dengan standar produksi perusahaan.

3. Mainframe Computer

jenis - jenis komputer

Mainframe Computer adalah jenis komputer yang berdasarkan ukurannya lebih besar daripada minicomputer. Begitu pula dengan kemampuan kecepatan mengolah data serta penyimpanannya lebih besar dibandingkan dengan minicomputer. Jenis jenis komputer seperti Mainframe Computer ini tidak digunakan untuk single user.

Akan tetapi, Mainframe Computer digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki kemampuan untuk menggunakannya. Pasalnya, Mainframe Computer memiliki harga jual yang sangat mahal dan daya listriknya yang sangat tinggi. Selain perusahaan besar yang memanfaatkan Mainframe Computer untuk keperluan produksi dan perusahaan, lembaga lain yang umumnya menggunakan Mainframe yaitu lembaga pendidikan, perbankan dan perusahaan asuransi.

4. Supercomputer (Kompuer Super)

jenis jenis komputer

Supercomputer adalah jenis komputer yang berdasarkan ukurannya paling besar diantara ketiga komputer sebelumnya. Supercomputer memiliki kapasitas pengolahan data dan kinerja yang paling kuat. Supercomputer memiliki kemampuan untuk melakukan triliunan perintah atau instruksi per detik yang dapat dihitung dalam FLOPS (Floating Point Operations Per Second).

Tidak seperti halnya komputer pribadi atau PC yang hanya dapat melakukan jutaan perintah atau instruksi saja per detiknya. Supercomputer pada umumnya hanya digunakan khusus oleh organisasi atau perusahaan besar dengan tujuan untuk melakukan suatu tugas tertentu. Seperti misalnya, organisasi besar NASA yang menggunakan komputer jenis Supercomputer guna meluncurkan dan mengendalikan pesawat dan roket yang terbang ke luar angkasa.

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Generasinya

Seperti yang kita ketahui bahwa komputer telah ada sejak zaman dahulu tepatnya mulai berkembang ketika masa perang dunia ke-2. Seiring waktu berjalan, perkembangan teknologi semakin berkembang dan memungkinkan komputer mengalami kemajuan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Berikut adalah Jenis jenis komputer berdasarkan generasinya, yaitu :

1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Komputer generasi pertama dirakit karena dorongan negara-negara yang terlibat dalam perang dunia ke-2 yang ingin mengembangkan komputer untuk keperluan mengeksploit potensi strategis yang dipunyai komputer. Ciri dari komputer generasi pertama adalah penggunaan silinder magnetic yang berfungsi untuk penyimpanan data dan tube vakum.

2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Komputer generasi kedua sepenuhnya menggunakan transistor sebagai pengganti tube vakum. Komputer ini juga memiliki beberapa komponen yang bisa diasosiasikan dengan komputer saat ini seperti memory, printer penyimpanan dalam disket, program dan sistem operasi.

3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Komputer generasi ketiga dirakit menjadi lebih baik dari sebelumnya dengan hasil komputer yang lebih kecil karena penemuan komponen baru yang bisa dipadatkan ke dalam chip. Selain itu, penggunaan sistem operasi memungkinkan mesin untuk dapat menjalankan beberapa program yang berbeda dengan serentak menggunakan program utama memonitor dan mengkoordinasi penyimpanan (memori) komputer.

4. Komputer Generasi Keempat (1970-1982)

Komputer generasi keempat sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan dengan berbagai fitur cukup bagus. Komputer generasi keempat pada saat itu dijual dengan paket piranti lunak seperti spreadshhet dan program word processing.

5. Komputer Generasi Kelima (1982-Sekarang)

Komputer generasi kelima adalah komputer yang kita kenal sebagai PC, laptop, notebook dan sebagainya. Komputer generasi kelima sudah bisa menerima instruksi atau perintah secara lisan dan mampu dalam meniru nalar manusia.

Baca lengkap tentang : Sejarah Komputer dari generasi pertama hingga ke-lima

Selain jenis-jenis komputer tersebut, ada juga komputer yang dibedakan menurut jenis terapan jaringan dan jenis komputer mobile. Jenis jenis komputer terapan jaringan dapat dibedakan berdasarkan fungsi alat yaitu Wi-Fi, berdasarkan alat koneksi yaitu client server dan peer to peer serta hybrid network, dan berdasarkan ukurannya yaitu LAN, WAN dan internet. Sedangkan jenis jenis komputer mobile antara lain Laptop, PDA (Personal Digital Assistant) dan Smartphone.

Itulah informasi yang dapat kami sajikan mengenai pengertian dan jenis jenis komputer. berbagai jenis komputer tersebut dapat kita temukan di muka bumi. jadi, Anda kini sudah mengenal bukan, komputer tidak hanya desktop dan laptop saja. Ada banyak jenis komputer yang dapat digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Semoga informasi yang telah dipaparkan di atas dapat berguna untuk menambah ilmu komputer dan wawasan Anda.

Leave a Reply