Inilah Beberapa Jenis Jaringan Komputer Yang Digunakan Di Penjuru Dunia

Pernahkah Anda penasaran dengan beberapa komputer dalam suatu gedung yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya? Bagaimana hal itu bisa terjadi ? Semua itu terjadi karena adanya sebuah jaringan komputer. Jaringan komputer inilah yang menghubungkan antara dua komputer atau lebih. Mari upgrade ilmu komputer kita dengan mengenali jenis jenis jaringan komputer yang ada di berbagai sistem.

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa itu jaringan komputer. Jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu sistem untuk menghubungkan antara dua komputer atau lebih dalam jangkauan tertentu. Sebuah jaringan komputer ini dapat digolongkan menjadi beberapa macam. Artikel ini akan membahas mengenai pengertian dan macam-macam jaringan komputer khusus untuk Anda yang penasaran dan ingin mengetahuinya lebih detail.

Jenis jenis jaringan komputer dan penjelasannya dapat dilihat dari berbagai macam sudut pandang, mengingat terdapat berbagai jenis jenis jaringan komputer berdasarkan kriterianya tertentu. Kriteria tersebut yang membagi beberapa jenis jaringan pada komputer. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

Setiap jaringan komputer tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap jenis jaringan yang dipilih untuk digunakan tentunya berdasarkan biaya dan tujuan yang dimiliki oleh penggunanya. Berdasarkan topologi, berikut jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan topologi yang perlu untuk diketahui :

1. Topologi Bus

jenis jenis jaringan komputer

www.bbc.co.uk

Jaringan komputer berupa topologi bus ini tergolong jaringan yang pertama kali banyak digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer. Topologi bus ini merupakan topologi yang lebih sederhana apabila dibandingkan dengan topologi lainnya. Topologi ini hanya menggunakan satu kabel panjang saja dan terminal, lalu diakhiri dengan satu terminator pada bagian akhir kabel. Apabila menggunakan topologi bus ini akan menghemat biaya karena tergolong ekonomis dan mudah dalam proses instalasi.

Keunggulan lain dari jenis topologi ini yaitu tergolong sederhana dan tidak memerlukan banyak sumber daya pada kabel. Sementara kekurangannya yaitu apabila terdapat kabel yang terputus, maka akan memutus jaringan bus dan mengganggu komputer atau client yang lainnya. Topologi ini juga tidak cocok untuk traffic yang padat, karena proses pengiriman dan penerimaan data kurang efektif dan efisien sehingga sering terjadinya tabrakan data.

2. Topologi Star

jenis jenis jaringan komputer

Layaknya sebuah bintang, bentuk topologi ini sama seperti bintang karena memiliki node inti pada bagian tengah yang dihubungkan dengan node lainnya. Setiap jenis jenis jaringan komputer tentu memiliki kelebihan, sama seperti topologi star ini.

Kelebihan dari topologi star ini yaitu apabila ada satu kabel yang rusak atau putus, maka jaringan masih tetap berjalan dan tidak mengganggu keseluruhan komunikasi. Hal ini juga memudahkan apabila ingin menambah komputer ke dalam jaringan tersebut tanpa mengganggu suatu aktivitas jaringan tertentu. Jaringan ini juga tergolong mudah untuk dikembangkan.

Kekurangan dari topologi star ini di antaranya jika HUB pusat mengalami kerusakan atau kegagalan maka seluruh jaringan juga ikut terpengaruh dan gagal beroperasi, lalu membutuhkan adanya kabel yang banyak untuk ditarik pada suatu titik tengah. Selain itu, jika terdapat lalulintas data yang sangat padat maka mempengaruhi jaringan dan membuatnya beroperasi menjadi lebih lambat.

3. Topologi Ring

jenis jenis jaringan komputer

Jenis jenis jaringan komputer yang dibedakan berdasarkan topologi lainnya yaitu topologi Ring. Jaringan ini mampu menghubungkan beberapa komputer dalam suatu rangkaian yang bentuknya melingkar layaknya cincin. Keunggulan dari topologi ring ini yaitu biaya untuk melakukan instalasi cukup terjangkau, aliran data yang mengalir menjadi lebih cepat, dan juga mudah untuk diimplementasikan.

Sementara kekurangannya yaitu apabila terdapat satu kabel yang terputus maka akan membuat jaringan komputer menjadi gagal beroperasi dan mempengaruhi yang lainnya serta sangat sulit untuk menambah maupun mengurangi komputer tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi.

4. Topologi Tree

jenis jenis jaringan komputer

http://www.orosk.com

Jenis jenis jaringan komputer yang lain yaitu topologi Tree. Topologi Tree ini mampu menghubungkan beberapa jaringan topologi star yang dihubungkan dengan suatu jaringan topologi bus. Dalam topologi ini biasanya terdapat beberapa jenis jaringan pada tingkat yang lebih tinggi hingga ke tingkat yang lebih rendah.

Topologi Tree ini membuat suatu data dapat terpusat menurut tingkatannya sehingga membuat manajemen data menjadi lebih mudah. Selain itu, topologi ini juga tergolong mudah dikembangkan menjadi lebih luas lagi. Sementara yang menjadi kekurangannya adalah apabila pada tingkatan tertinggi bermasalah maka akan mempengaruhi komputer yang berada di bawahnya dan menjadi bermasalah juga.

5. Topologi MESH

jenis jenis jaringan komputer

Topologi ini merupakan gabungan dari topologi Star dan topologi Ring. Keunggulan dari topologi ini yaitu karena adanya berbagai jalur pengiriman untuk data yang banyak maka Anda tidak perlu khawatir akan terjadi tabrakan data. Kekurangan dari jaringan ini yaitu membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena proses instalasi pada jaringan begitu rumit dan juga membutuhkan kabel dalam jumlah banyak.

6. Topologi Extended Star

Jenis jenis jaringan komputer memang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Terbukti dengan adanya topologi Extended Star yang merupakan hasil pengembangan dari topologi Star sebelumnya.

jenis jenis jaringan komputer

Kelebihan topologi ini yaitu apabila ada satu node terputus secara otomatis tidak akan mengganggu atau memutus sub node lainnya. Lalu kekurangannya yaitu karena jaringan ini digunakan pada jaringan yang besar maka tidak dapat menggunakan kabel dengan jenis yang biasa atau kurang berkualitas.

Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

Selain dilihat berdasarkan topologi, suatu sistem jaringan komputer juga dapat dilihat dari fungsinya. Berikut jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya.

1. Jaringan Komputer Peer to Peer

jenis jenis jaringan komputer

www.digitalcitizen.life

Jenis jenis jaringan komputer yang sangat sederhana hadir dalam topologi peer to peer karena hanya menghubungkan dua komputer agar saling terhubung. Pada jaringan jenis ini, setiap komputer yang telah terhubung pada jaringan tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dengan komputer lainnya tanpa adanya suatu perantara.

Topologi ini hanya menggunakan satu kabel untuk menghubungkan komputer sehingga biaya yang dibutuhkan juga terjangkau. Setiap komputer yang terhubung juga dapat berbagi beberapa fasilitas seperti printer, hard disk, dan drive. Selain itu, apabila terdapat komputer yang mati atau mengalami kerusakan, maka jaringan keseluruhan tidak akan rusak atau terganggu. Kelemahan dari topologi ini yaitu keamanannya yang kurang dan juga sulit untuk dikembangkan.

2. Jaringan Komputer Client Server

jenis jenis jaringan komputer

Jenis jenis jaringan komputer yang dibedakan berdasarkan fungsinya hadir dalam jenis jaringan komputer client server. Dalam jaringan ini terdapat komputer yang bertindak sebagai server, artinya memberikan fasilitas bagi komputer yang tergabung dalam jaringan tersebut atau yang dikenal sebagai client.

Keunggulan jenis jaringan ini yaitu adanya akses yang cepat dalam menyediakan berbagai fasilitas dalam jaringan karena pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh komputer yang bertindak sebagai server. Selain itu, sistem keamanan dalam jaringan komputer juga lebih terjamin dan adanya proses back up yang baik karena terpusat pada server yang mampu mengamankan seluruh data yang digunakan dalam suatu jaringan tersebut.

Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area

Selain jenis jenis jaringan komputer yang telah dibahas sebelumnya, masih terdapat jenis jenis jaringan komputer berdasarkan area. Selain dikenal dengan pembagian jaringan berdasarkan cakupan area, sebenarnya pembagian jenis jaringan komputer ini juga dikenal berdasarkan geografisnya, skala maupun jaraknya.

1. Personal Area Network (PAN)

jenis jenis jaringan komputer

Macam macam jaringan komputer berdasarkan jaraknya yang pertama adalah PAN. Jaringan komputer ini hanya mencakup komputer pribadi dengan berbagai perangkat di sekitarnya misalnya keyboard, mouse, headphone, dll. Jaringan ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat pribadi Anda atau menghubungkan ke jaringan internet. Biasanya jaringan ini dibantu dengan adanya teknologi seperti USB ataupun bluetooth untuk menghubungkan antar perangkat.

2. Local Area Network (LAN)

jenis jenis jaringan komputer

LAN ini merupakan suatu jaringan komputer yang digunakan untuk mencakup wilayah yang kecil saja. Misalnya mencakup wilayah suatu gedung kantor, sekolah, kampus, atau di dalam rumah. Dalam suatu jaringan LAN terdapat beberapa komputer yang terhubung di mana ada satu unit komputer yang berperan sebagai server atau bank data dan yang lainnya sebagai client.

Antara server dan client tersebut dapat menikmati berbagai fasilitas sama misalnya bertukar file tertentu maupun menggunakan printer yang saling terhubung antara jaringan LAN. Jaringan LAN mempunyai kecepatan untuk melakukan transfer data sebesar 10, 100 dan juga 1000 Mbit/s. teknologi yang digunakan biasanya berupa IEEE 802.3 Ethernet dengan perangkat switch.

3. Metropolitan Area Network (MAN)

jenis jenis jaringan komputer

Jenis jenis jaringan komputer berdasarkan skalanya juga dapat dilihat dari jenis jaringan MAN. Jaringan komputer ini tentu memberikan layanan dengan cakupan wilayah yang lebih luas hingga mencapai 10 hingga 50 KM. Jaringan ini juga mampu memberikan kecepatan yang tinggi saat melakukan transfer data dalam suatu kota tertentu.

Jaringan MAN juga dapat disebut sebagai gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jaringan ini sangat cocok untuk dibangun guna menghubungkan beberapa kantor atau pabrik maupun pusat pemerintahan dalam satu kota.

4. Wide Area Network (WAN)

jenis jenis jaringan komputer

Jenis jenis jaringan komputer menurut area lainnya yaitu WAN. WAN tentu saja mencakup area yang lebih luas dibandingkan dengan LAN maupun MAN. WAN ini dapat menghubungkan beberapa wilayah bahkan hingga mencapai wilayah negara lainnya. Jaringan ini membutuhkan suatu router. WAN ini digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal pada suatu wilayah dengan jaringan lokal lainnya pada wilayah lain.

Sehingga para pengguna komputer di berbagai wilayah tersebut dapat terus berkomunikasi antara satu dengan lainnya. WAN ini biasanya dibangun oleh para organisasi swasta maupun penyedia berbagai layanan internet. WAN biasanya dibangun menggunakan sesuatu yang disebut dengan Leased Line yang harganya sangat mahal. Selain itu, terkadang WAN juga dibangun menggunakan switching sirkuit.

Itulah beberapa jaringan komputer yang dibedakan berdasarkan cakupan area atau jaraknya. Tujuan pembuatan jaringan komputer ini biasanya untuk bekerja sama dan mencapai tujuan tertentu seperti pembagian sumber daya untuk pemakaian CPU, printer, harddisk dll. Selain itu, juga untuk melakukan berbagai komunikasi antar komputer dan juga melakukan akses berbagai informasi yang digunakan bersama-sama.

Jangan Lewatkan Juga : Mengenal lebih detail tentang Sistem Operasi Komputer

Ternyata terdapat berbagai macam jaringan komputer yang dibedakan dengan kriteria tertentu. Setelah mengetahui informasi tersebut, diharapkan pengetahuan Anda terkait teknologi dapat lebih berkembang dan memiliki inspirasi apabila ingin membangun jaringan komputer di kantor Anda. Pemilihan jaringan komputer tentunya berdasarkan kebutuhan dan biaya yang dimiliki. Semoga informasi mengenai jenis jenis jaringan komputer ini dapat bermanfaat bagi Anda.

4 Comments

  1. agus putra manunggal September 7, 2018 Reply
  2. elia September 24, 2018 Reply
    • Tips Komputer September 25, 2018 Reply

Leave a Reply