Ini Dia Sejarah Perkembangan Komputer Lima Generasi Terlengkap

Komputer merupakan benda yang sangat dibutuhkan di kehidupan modern. Komputer diartikan sebagai perangkat elektronik yang tersusun atas beberapa komponen. Kemudian, komponen tersebut saling bekerja sama untuk memberikan informasi yang berasal dari program yang terpasang di dalam komputer serta mengolah data secara akurat. Kecanggihan komputer tidak bisa dipisahkan dari sejarah komputer yang panjang. Sejarah perkembangan komputer dari komputer yang pertama kali ditemukan sampai komputer yang saat ini digunakan memerlukan waktu hingga puluhan tahun.

Tentu saja sejarah komputer dan perkembangannya tidak bisa dipisahkan dari kerja keras, komitmen, dan dedikasi dari para penemu atau pengembang komputer. Mereka selalu bekerja keras untuk menciptakan perangkat komputer yang canggih. Sehingga, proses pengolahan data dan informasi serta pekerjaan sehari-hari bisa terselesaikan dalam waktu yang lebih cepat dengan bantuan perangkat secanggih komputer.

Berdasarkan sejarah jaringan komputer lengkap, komputer sudah mengalami perkembangan selama lima generasi. Setiap generasi di dalam sejarah komputer selalu menghasilkan komputer dengan fitur yang lebih canggih dibandingkan komputer yang ditemukan pada generasi sebelumnya.

Sejarah Komputer Dari Generasi Ke Generasi

Di bawah ini akan dipaparkan secara lengkap sejarah komputer generasi 1-5. Dimulai dari penemuan pertama yaitu pada masa perang dunia ke II. Berikut ulasannya.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama

sejarah komputer

Bagian pertama dari sejarah komputer generasi pertama sampai kelima adalah sejarah komputer di generasi pertama. Berdasarkan sejarah komputer generasi pertama, penemuan komputer dimulai saat dunia berada pada masa World War II atau Perang Dunia Kedua.

Pada masa tersebut, negara-negara yang terlibat dalam perang, baik negara Sekutu atau non Sekutu, mencoba untuk mengembangkan komputer. Tujuan dari pengembangan komputer pada masa itu adalah untuk mengetahui serta mengeksploitasi kemampuan strategis yang dimiliki oleh perangkat komputer.

Kemudian, negara-negara yang terlibat di dalam Perang Dunia II mulai menginvestasikan uang dalam jumlah yang besar untuk mendanai pengembangan komputer menjadi teknologi yang paling canggih pada masa itu. Investasi yang besar-besaran terhadap pengembangan komputer pada masa Perang Dunia II dibuktikan dengan keberhasilan Konrad Zuse yang menemukan komputer Z3.

Konrad Zuse sendiri merupakan insinyur yang berkebangsaan Jerman. Komputer Z3 yang ditemukan oleh Konrad Zuse digunakan untuk keperluan merancang peluru kendali, pesawat terbang, pesawat perang, tank, senjata, dan keperluan perang yang lain.

Keberhasilan Jerman dalam menciptakan komputer telah membuat negara-negara yang tergabung di dalam Sekutu merasa iri. Lantas, pada tahun 1943, Inggris berhasil menemukan komputer dengan kecanggihan yang melebihi komputer Z3 milik Jerman.

Komputer yang dikembangkan oleh Inggris disebut dengan Colossus.Komputer tersebut digunakan untuk memecahkan kode rahasia Jerman yang berisi strategi perang dan data-data penting yang dimiliki oleh Jerman. Sayang, menurut sejarah komputer, penemuan komputer Colossus tidak dianggap sebagai penemuan yang besar.

Hal ini dikarenakan Colossus bukanlah general-purpose computer atau komputer yang serbaguna. Komputer tersebut hanya digunakan untuk memecahkan kode rahasia.Komputer tersebut hanya bisa digunakan pada masa Perang Dunia II. Selain itu, komputer tersebut hanya digunakan oleh kalangan tentara dan petinggi negara.

Amerika ikut memberikan kontribusi yang besar dalam sejarah komputer di generasi pertama. Menurut sejarah perkembangan komputer generasi pertama sampai kelima, Amerika berhasil mengembangkan komputer generasi pertama dalam bentuk kalkulator elektronik yang digunakan oleh US Navy atau Angkatan Laut Amerika.

Kalkulator elektronik tersebut ditemukan oleh Howard H. Aiken yang merupakan lulusan dari Universitas Harvard dan bekerja sebagai insinyur di IBM. Kalkulator elektronik yang ditemukan oleh Howard H. Aiken memiliki ukuran yang besar. Panjangnya mencapai setengah lapangan sepak bola serta dilengkapi dengan kabel sepanjang 500 mil.

Komputer yang paling canggih di sejarah komputer pada generasi pertama adalah ENIAC atau Electronical Numerical Integrator and Computer yang dirancang oleh pemerintah Amerika Serikat dan bekerja sama dengan Universitas Pennsylvania. Komputer tersebut tersusun atas 5.000.000 titik solder, 70.000 resistor, dan 18.000 tabung vakum. Komputer tersebut membutuhkan daya sebesar 160 kW (kilo Watt) untuk beroperasi.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kedua

sejarah komputer

Menurut sejarah komputer dari generasi pertama sampai sekarang, komputer generasi pertama mulai dikembangkan sejak memasuki era 1940-an. Kemudian, sejarah komputer generasi kedua dimulai dengan ditemukannya transistor pada tahun 1948.Transistor tersebut memberikan kontribusi yang sangat besar dalam perkembangan dunia komputer.

Transistor memiliki fungsi sebagai pengganti tube vacuum atau tabung vakum yang digunakan pada komputer, radio, televisi, kalkulator elektronik, dan perangkat elektronik lain yang ada pada generasi pertama. Penemuan transistor tersebut menjadikan ukuran perangkat elektronik mengalami penyusutan secara drastis, salah satunya komputer.

Komputer yang menggunakan transistor pertama kali ditemukan pada tahun 1956. Transistor yang ada di dalam komputer menjadikan komputer yang ada dalam sejarah komputer di generasi kedua memiliki ukuran yang lebih kecil, kinerja yang lebih cepat, dan energi yang dibutuhkan tidaklah besar. Komputer dengan transistor pertama di dalam sejarah komputer generasi ini dikembangkan oleh IBM dengan nama Stretch.

Selain itu, ada pula Sprery-Rand yang mengembangkankomputer dengan transistor yang diberi nama LARC. Komputer tersebut digunakan untuk keperluan kerja laboratorium energi atom. Komputer tersebut bisa mengolah data yang kompleks dalam ukuran besar dan keperluan lain yang dibutuhkan oleh peneliti di bidang energi atom.

Sayangnya, komputer Stretch dan LARC tidak bisa digunakan untuk keperluan bisnis.Hal tersebut dikarenakan harga yang sangat mahal serta komponen yang sangat kompleks. Bahkan, komputer LARC hanya digunakan di dua tempat, yaitu di US Navy Research dan Development Center dan Lawrence Radiation Labs.

Sejarah komputer di generasi kedua mengalami perkembangan lagi pada tahun 1960-an. Komputer tersebut sudah bisa digunakan untuk keperluan bisnis, pendidikan, dan pemerintahan. Komputer tersebut sepenuhnya sudah menggunakan transistor dan dilengkapi dengan komponen seperti program, sistem operasi, printer, memori internal, dan memori eksternal berupa disket.

Komputer 1401 adalah contoh pengembangan komputer dalam sejarah komputer generasi ini yang sangat populer di bidang bisnis. Komputer tersebut dikembangkan pada tahun 1965 dan sangat bisa diandalkan untuk mengolah informasi keuangan dan aritmetika.

Keunggulan dari komputer 1401 adalah program yang ada di dalam komputer menggunakan bahasa pemrograman yang fleksibel dan bisa dipahami oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk komputer 1401 disebut dengan FORTAN (Formula Translator) dan COBOL (Common Business Oriented Language).

Kedua bahasa pemrograman tersebut menggunakan rumus yang terbuat dari kata atau kalimat yang mudah dipahami serta mudah dihafal. Kemampuan komputer 1401 sebanding dengan harga yang terjangkau bagi pebisnis. Salah satu contoh penggunaan komputer 1401 dalam bidang bisnis adalah untuk melakukan perhitungan gaji karyawan, merancang desain produk, dan mencetak nota pembelian konsumen. Selain di bidang bisnis, komputer 1401 menjadi perangkat yang wajib ada di instansi pendidikan serta pemerintahan.

Sejarah komputer pada generasi kedua tidak hanya memudahkan pekerjaan manusia, tetapi juga menciptakan jenjang karier yang baru.Ada banyak pekerjaan baru yang bermunculan. Tentu saja pekerjaan tersebut berkaitan dengan dunia komputer, seperti analis sistem komputer, ahli sistem komputer, penerjemah bahasa pemrograman, dan programmer). Selain itu, industri perangkat lunak komputer mulai berkembang pada masa sejarah komputer di generasi kedua.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Ketiga

sejarah komputer

Bagian ketiga di dalam sejarah komputer adalah sejarah komputer generasi ketiga. Perkembangan komputer di generasi ketiga ditandai dengan pengembangan transistor. Transistor diketahui menghasilkan panas yang besar.

Sehingga, transistor dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal komputer. Para ahli komputer memutar otak untuk menemukan solusi supaya panas transistor bisa diredam. Kemudian, ditemukanlah batu kuarsa atau quartz rock yang terbukti dapat meredam panas yang dihasilkan oleh transistor.

Tokoh yang memiliki pengaruh besar dalam sejarah komputer generasi iniadalah Jack Kilby yang merupakaninsinyur di Texas Instrument. Jack Kilby mengembangkan IC (Integrated Circuit) atau sirkuit yang terintegrasi pada tahun 1958. IC tersebut dipasang di dalam piring silikon yang terbuat dari pasir kuarsa bersama tiga komponen perangkat elektronik yang lain.

Penemuan penting lain di dalam sejarah komputer di generasi ketiga adalah penemuan chip tunggal. Chip tunggal ini digunakan untuk tempat penyimpanan berbagai macam komponen elektronik. Sehingga, chip tunggal tersebut memiliki sifat semi konduktor. Keunggulan lain yang ada di dalam sejarah komputer pada generasi ini adalah penemuan sistem operasi (operating system) yang ada di dalam komputer.

Sistem operasi ini mendukung komputer untuk menjalankan beberapa program kerja yang berbeda dalam satu waktu. Sistem operasi komputer dilengkapi dengan program utama yang berfungsi sebagai pengendali serta pengoordinasi memori penyimpanan komputer.

Selain itu, sistem operasi komputer sudah menjadi salah satu bentuk bisnis yang banyak dirintis oleh orang. Hal tersebut ditandai dengan berdirinya perusahaan pengembang sistem operasi komputer seperti Microsoft, Apple, Linux, dan masih banyak lagi.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Keempat

sejarah perkembangan komputer

Sejarah komputer generasi keempat ditandai dengan ukuran IC atau sirkuit integrasi dan komponen perangkat elektronik yang ukurannya menjadi lebih kecil. Perangkat tersebut dikenal dengan nama LSI (Large Scale Integration) atau integrasi dalam skala besar. LSI dapat memuat ratusan komponen elektronik di dalam satu buah chip.

Kemudian, pada tahun 1980-an, ilmuwan di bidang komputer menemukan VLSI atau Very Large Scale Integration yang berupa chip tunggal dengan kemampuan menyimpan ribuan komponen elektronik. VLSI berkembang lagi menjadi ULSI atau Ultra Large Scale Integration.ULSI ini dapat menyimpan komponen elektronik dalam jumlah yang mencapai jutaan.

ULSI memiliki dimensi yang kecil, yaitu setengah dari uang logam. Kemunculan ULSI menjadi inovasi yang dapat menekan ukuran komputer menjadi lebih kecil dan harga komputer menjadi lebih murah.
Salah satu contoh chip ULSI yang populer di dalam perkembangan komputer generasi keempat adalah chip Intel 4004. Chip ini ditemukan pada tahun 1971.

Penemuan chip Intel 4004 memberikan kontribusi yang besar pada perkembangan dunia komputer. Chip Intel 4004 yang dipasang di dalam komputer dapat mengendalikan serta mengoordinasi semua komponen yang ada di dalam perangkat komputer. Mulai dari memori penyimpanan, CPU (Central Processing Unit), hingga mengendalikan input dan output komputer.

Selain meningkatkan kinerja komputer, chip tersebut membuat komputer menjadi lebih mudah dioperasikan, terutama oleh orang-orang yang berkecimpung di luar dunia komputer.Bahkan, komputer tidak hanya digunakan di perusahaan besar, lembaga pendidikan, atau instansi pemerintahan, tetapi juga rumah tangga.

Hal tersebut dibuktikan pada tahun 1970-an ketika perusahaan komputer mulai memproduksi komputer untuk pemakaian sehari-hari. Komputer tersebut dikenal dengan nama komputer mini yang dibekali dengan sistem operasi dan perangkat lunak yang mudah dipahami oleh masyarakat umum.

Perangkat lunak yang populer di komputer mini adalah spreadsheet untuk mengolah data statistik dan word processing untuk mengolah data berupa kata-kata. Selain itu, komputer generasi keempat bisa digunakan untuk keperluan hiburan yang menarik. Hal itu dibuktikan dengan penemuan video game pertama yang dikenal dengan nama Atari 2600.

Baca artikel terkait : Jenis – jenis perangkat lunak komputer dan contohnya

Perkembangan komputer di generasi keempat diwarnai dengan persaingan antara dua perusahaan komputer terbesar di dunia, yaitu IBM dan Apple. IBM memproduksi PC (PersonalComputer) yang digunakan untuk keperluan kantor, sekolah, serta rumah.

Sejak tahun pertama dirilis, PC yang diproduksi oleh IBM telah terjual sebanyak 2.000.000 unit di seluruh dunia. Kemudian, pada tahun berikutnya yaitu tahun 1982, PC IBM telah terjual sebanyak 5.500.000 unit. Sejarah mencatat bahwa dalam waktu sepuluh tahun sejak perilisannya, PC IBM sudah terjual lebih dari 60.000.000 unit ke seluruh dunia.

PC dari IBM juga telah melalui berbagai macam inovasi, misalnya ukuran yang lebih kecil, bisa dimasukkan ke dalam tas, dan menggunakan sumber daya baterai, yaitu laptop. Sedangkan, Apple memproduksi Apple Macintosh yang unggul dari seri grafis. Bahkan, Apple Macintosh merupakan pelopor perangkat keras mouse.

Selain komputer dengan ukuran yang lebih kecil, generasi keempat ditandai dengan penemuan LAN (Local Area Network). LAN merupakan teknologi canggih untuk berbagi data, informasi, dan komunikasi secara cepat dan mudah antara beberapa perangkat komputer melalui kabel.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kelima

sejarah komputer

Sebenarnya sejarah komputer generasi kelimasulituntukdideskripsikankarenaperkembangankomputer di generasi ini masih tergolong muda. Salah satu bentuk komputer yang ada di generasi kelima tergambar di novel fiksi karya Arthur C. Clarke yang berjudul 2001: Space Odyssey. Di dalam novel tersebut diceritakan sebuah komputer canggih yang diberi nama HAL 9000.

HAL 9000 merupakan komputer canggih dengan kemampuan yang unggul.Komputer ini memiliki nalar yang dinamakan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Komputer ini bisa memproses input secara visual. Sehingga, manusia tidak perlu mengetikkan bahasa pemrograman untuk memberikan perintah kepada komputer.

Kemajuan lain di dalam perkembangan komputer generasi kelima adalah perangkat pemrosesan paralel. Perangkat ini merupakan pengganti perangkat pemrosesan yang sudah ada sebelumnya, yaitu model non Neumann. Perangkat pemrosesan paralel mampu mengoordinasi CPU dalam jumlah yang banyak dengan cepat dan serempak.

Perangkat pemrosesan ini bisa digunakan untuk keperluan kantor atau pemerintah. Kemajuan lain yang ada di generasi kelima adalah teknologi super konduktor. Teknologi ini menjadikan aliran listrik mengalir ke komputer dengan lebih cepat dan tanpa hambatan. Sehingga, akses informasi komputer bisa berlangsung dengan cepat. Bahkan, teknologi super konduktor dapat menghemat daya yang dikonsumsi oleh komputer.

Sejarah komputer di generasi kelima ditandai dengan industri komputer yang tidak dikuasai oleh Amerika atau negara-negara di Eropa, tetapi negara-negara Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, dan China. Bahkan Jepang mendirikan Institute Technology for New Computer Technology atau ICOT yang menjadi wadah bagi peneliti mengembangkan komputer dengan fitur yang lebih canggih.

Jangan lewatkan juga : Bahas lengkap tntang perangkat keras komputer dan fungsinya

Leave a Reply