Penjelasan Lengkap Tentang Perangkat Komputer Dan Fungsinya

Perangkat seperti komputer saat ini sudah banyak dikenal dan dimiliki oleh berbagai kalangan. Adanya komputer memudahkan dalam pengerjaan tugas kantor dan merupakan salah satu perangkat penting saat ini. Perangkat komputer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak.

Perangkat keras penyusun komputer biasa disebut dengan hardware dan perangkat lunak komputer disebut dengan software. Komputer ada akibat rakitan dari beberapa perangkat keras yang ada pada komputer. Perangkat keras komputer dan fungsinya bergabung menjadi satu untuk menjalankan fungsi.

Pengertian perangkat keras komputer atau yang dikenal dengan hardware merupakan semua perangkat penyusun komputer yang bisa dilihat secara fisik dan diraba dan berfungsi untuk menjalankan sistem komputerisasi.

Penyusun dari komputer yang berasal dari perangkat keras ini tidak hanya perangkat yang ada di dalam komputer saja tetapi juga semua perangkat yang berhubungan komputer dan bersama-sama menjalankan fungsi komputerisasi dengan baik. Perangkat keras komputer terdiri dari beberapa bagian yang meliputi input, proses, dan output.

Setiap bagian dari perangkat keras ini memiliki fungsinya masing-masing yang bekerja bersama-sama memenuhi tujuan komputerisasi. Selain perangkat yang menjalankan fungsi input, proses, dan output ada pula perangkat keras tambahan dan biasa disebut sebagai perangkat aksesoris.

Perangkat keras komputer dan fungsinya tersebut bekerjasama untuk menjalankan program komputer agar mencapai tujuan utamanya.

Macam – macam Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Ada beberapa perangkat keras komputer dan fungsinya beserta gambarnya yang perlu Anda ketahui. Berikut akan dijelaskan beberapa perangkat keras penyusun komputer tersebut, yaitu :

Perangkat Input Komputer

Perangkat keras yang utama adalah perangkat keras yang menjalankan fungsi masukan (input) ke komputer dan selanjutnya akan memasuki proses selanjutnya. Beberapa perangkat keras yang menjadi bagian dari input untuk perangkat keras komputer dan fungsinya yaitu :

1. Keyboard

macam macam perangkat keras komputer dan fungsinya

Perangkat pertama yang menerima perintah masukan (input) adalah keyboard. Keyboard ini merupakan salah satu perangkat keras yang berguna untuk memberikan masukan data berupa tulisan.

Keyboard ini sering disebut sebagai papan ketik karena keyboard ini terdiri dari deretan huruf dan angka.

Jika Anda menulis atau mengetik menggunakan keyboard maka komputer akan membaca perintah masukan yang Anda tulis atau ketik. Kemudian perintah ini segera diberikan ke perangkat proses hingga ke output.

Umumnya keyboard yang sering digunakan adalah keyboard QWERTY yang merupakan standar papan tik pada tahun 1905 hingga saat ini.

Baca juga : Cara mengetik 10 jari dengan mudah

2. Mouse

perangkat keras komputer dan fungsinya

Perangkat keras komputer dan fungsinya yang menjalankan fungsi masukan juga adalah mouse.

Mouse ini menjalankan fungsi masukan yang peranannya berguna untuk mengarahkan pointer atau penunjuk atau cursor kemanapun diarahkan. Perangkat ini juga menjalankan fungsi klik, double klik, dan scroll.

Sejalan dengan perkembangan zaman, mouse pada saat ini sudah banyak berkembang dengan desain yang lebih elegan dan menarik. Hal ini berguna untuk memudahkan dalam menjalankan fungsinya sebagai penunjuk pointer.

3. Joystick

perangkat keras komputer dan fungsinya

Joystick juga merupakan suatu perangkat keras yang membantu komputer dalam menjalanan fungsi masukan atau input.

Perangkat keras ini sering digunakan oleh para gamer komputer untuk memudahkan dalam memberikan perintah masukan kepada komputer.

4. Microfon

perangkat keras komputer dan fungsinya

Perangkat keras selanjutnya yang menjalankan fungsi masukan adalah microfon. Microfon ini memberikan perintah masukan berupa merekam suara yang ditangkap oleh misrofon dan diteruskan ke komputer.

Perangkat ini biasanya digunakan untuk melakukan teleconference.

Misalnya saja saat Anda melakukan skype dengan menggunakan komputer maka Anda akan lebih mudah jika menggunakan microfon ini karena Anda bisa menerima dan mengirimkan pesan suara kepada lawan bicara Anda.

5. Webcam

perangkat keras komputer dan fungsinya

Webcam ini berguna untuk menangkap sinyal video atau gambar dan kemudian dilanjutkan ke komputer untuk menjalankan perintah selanjutnya.

Perangkat keras ini masuk pada perangkat keras komputer dan fungsinya yang memberikan masukan berupa gambar bisa digunakan pada saat Anda melakukan video call agar gambar Anda bisa terlihat dengan jelas.

Perangkat Keras Proses

Setelah komputer menerima perintah masukan maka selanjutnya komputer akan melakukan perintah proses dengan menggunakan beberapa perangkat keras komputer dan fungsinya  sebagai berikut :

1. Motherboard

perangkat keras komputer

Motherboard merupakan perangkat komputer yang berbentuk papan pada komputer yang fungsinya untuk meletakan komponen komputer lain seperti processor, RAM, kartu grafis, hardisk, dan perangkat lainnya.

Perangkat ini merupakan perangkat utama karena kehadirannya sangat berarti bagi perangkat lainnya dan untuk menjalankan proses komputerisasi harus ada perangkat ini.

Papan induk ini menghubungkan perangkat lain sebagai tugas utamanya agar komputer bisa menjalankan perintah prosesnya.

2. Processor

perangkat keras komputer

Precessor merupakan perangkat keras komputer dan fungsinya untuk mengontrol  seluruh proses dari sebuah sistem komputer.

Perangkat ini merupakan otaknya dari sebuah komputer sehingga disebut sebagai CPU (Central Processing Unit).

Perangkat ini berfungsi untuk menjalankan perintah proses dari masukan yang diterima oleh komputer hingga bisa menjadi output. Suatu perangkat komputer kinerjanya akan sangat dipengaruhi oleh kecepatan dari processor.

Semakin tinggi kecepatan processor maka semakin cepat pula kinerja komputer. Perangkat keras processor terletak pada motherboard dan memiliki tiga bagian penting yaitu :

  • Arithmatics Logical Unit (ALU) yang menjalankan semua perhitungan aritmatika.
  • Control Unit untuk pengaturan input dan output data yang diterima komputer.
  • Memory Unit sebagai alay penyimpanan data.

3. RAM

perangkat keras komputer

RAM (Random Access Memory) yang merupakan suatu perangkat keras komputer dan fungsinya sebagai penyimpanan data sementara pada komputer.

Masukan data Anda yang diterima oleh komputer akan disimpan sementara di RAM dan selanjutnya akan diteruskan ke bagian proses dan output.

4. Kartu Grafis

perangkat keras komputer

Perangkat keras selanjutnya yang berfungsi juga untuk menjalankan perintah pemprosesan yaitu kartu grafis.

Kartu grafis ini berfungsi sebagai pengelola video yang diterima oleh komputer agar videonya menghasilkan akselerasi yang cepat dengan tampilan yang tajam, halus dan bagus.

Perangkat keras ini penting untuk ada dalam komputer terutama bagi mereka yang suka bermain game menggunakan komputer atau mereka yang berprofesi sebagai pendesain grafis.

Hal ini dikarenakan kartu grafis dapat menghasilkan gambar yang lebih maksimal, super halus, dan kecepatan video yang maksimal.

2. Hardisk

perangkat keras komputer

Hardisk merupakan perangkat keras komputer dan fungsinya sebagai perangkat penyimpanan data secara permanen.

Selain itu, hardisk ini juga berfungsi sebagai perangkat yang menjalankan sistem operasi komputer seperti windows, unix, linux, dan lainnya.

Power Supply

perangkat keras komputer

Perangkat penting untuk menjalankan perintah proses adalah power supply.

Perangkat keras ini berguna untuk menyediakan sumber daya dan mendistribusikan arus ke semua komponen-komponen yang ada di dalam komputer.

Power supply ini berfungsi untuk menjaga agar setiap perangkat komputer bisa tetap hidup saat dijalankan untuk menjalankan fungsinya.

Perangkat Output

Perangkat output ini berfungsi untuk memberikan keluaran dari serangkaian perintah input dan proses.  Macam macam perangkat keras komputer yang merupakan perangkat output yaitu:

1. Monitor

perangkat keras komputer dan fungsinya

Monitor merupakan perangkat keras berupa layar yang akan menampilkan hasil kerja dari komputer.

Perangkat keras komputer dan fungsinya ini sebagai perangkat untuk menampilkan gambar dari hasil kerja komputer. Sekarang ini sudah banyak berkembang model monitor dengan menjadi lebih baik untuk digunakan.

Monitor ini juga memiliki ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis monitor yang dikenal pada umumnya yaitu monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).

Kualitas dari suatu monitor bisa dilihat dari resolusi, waktu respons, tingkat kecerahan, pixel pitch, dan perbandingan kontras.

2. Printer

perangkat keras komputer dan fungsinya

Perangkat output selanjutnya adalah printer, yang merupakan suatu perangkat keras komputer dan fungsinya sebagai alat untuk mencetak hasil pengolahan data dari komputer.

Hasil yang dikeluarkan dari printer bisa berupa cetakan data/dokumen dan gambar. Pada mulanya printer berguna untuk mencetak file-file dari komputer, namun saat ini sudah banyak printer yang di setting dengan banyak fungsi.

Fungsi lain yang bisa dijalankan oleh printer adalah untuk memindai suatu dokumen (scanning), untuk memfotokopi, hingga bisa berfungsi seperti mesin fax.

Baca juga : Cara install printer Canon ip2770 tanpa CD 

3. Speaker

perangkat keras komputer dan fungsinya

Speaker juga merupakan perangkat output untuk menghasilkan keluaran suara dari komputer.

Adanya perangkat ini dapat membuat hasil suara dari proses komputer bisa menjadi lebih bagus dan bisa didengar oleh penggunanya.

Pada laptop speaker ini sudah dijadikan satu dengan sistem komputernya sehingga jika Anda ingin mendengar hasil suara yang lebih bagus lagi maka Anda bisa menambah dengan speaker lain yang bisa dihubungkan dengan komputer/laptop.

Perangkat Aksesoris

Perangkat aksesoris ini merupakan perangkat keras komputer dan fungsinya juga penting untuk menunjang proses yang dijalankan oleh komputer. Beberapa perangkat ini yaitu :

1. Storage (Hd External)

perangkat keras komputer dan fungsinya

Perangkat aksesoris ini berfungsi untuk media penyimpanan eksternal.

Adanya perangkat keras ini memudahkan untuk pemindahan data karena data bisa tersimpan secara eksternal diluar komputer dan bisa dipindahkan ke komputer lain dengan mudah.

Storage ini memiliki beberapa macam seperti floppy disk, USB/Flashdisk, dan hardisk eksternal.

2. CD/DVD RW

perangkat keras komputer dan fungsinya

CD/DVD RW biasa dikenal dengan sebutan CD Drive yang merupakan perangkat keras komputer dan fungsinya untuk membaca file yang ada pada kepingan CD/DVD.

Selain itu, perangkat ini juga menjadi perangkat yang berperan dalam melakukan burning data ke dalam CD/DVD.

3. LAN Card (Local Area Network)

perangkat keras komputer dan fungsinya

LAN Card (Local Area Network) merupakan perangkat keras aksesoris yang fungsinya untuk membangun suatu jaringan komputer. Perangkat ini membantu dalam menghubungkan komputer satu dengan lainnya sehingga bisa memudahkan dalam pemindahan data dan fungsi kerja lainnya.

4. Modem

perangkat keras komputer

Modem atau Modulator Demodulator adalah suatu perangkat keras komputer dan fungsinya untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet sehingga bisa melakukan fungsi kerja yang lebih luas lagi.

5. Cashing CPU

perangkat keras komputer

Perangkat aksesoris selanjutnya adalah cashing CPU yang berfungsi sebagai perangkat untuk melindungi komponen perangkat keras seperti motherboard dan perangkat lainnya. Hal ini untuk bisa terhindar dari debu atau bahaya lain yang bisa mengancam keselamatan pengguna maupun ketahanan komputer.

6. UPS

perangkat keras komputer

UPS (Uninterruptible Power Supply) merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menjaga kestabilan daya komputer. Fungsi dari adanya perangkat ini adalah untuk melindungi komputer apabila terjadi mati listrik secara tiba-tiba sehingga bisa tetap memberikan daya agar komputer bisa tetap hidup.

Itulah perangkat keras komputer dan fungsinya yang perlu Anda ketahui agar bisa menjalankan komputer dengan benar sekaligus bisa merawatnya.

Baca juga : 10 Tips rahasia belajar komputer 

Leave a Reply