5 Opsi Untuk Meningkatkan Kinerja Komputer Anda

Berbicara tentang kinerja komputer, memang gampang – gampang susah. Kenapa demikian ? Karena performa komputer apabila kita lihat dari sudut pandang pengguna (user) sangat relatif. Ketika saya mengatakan satu komputer kinerjanya kurang, belum tentu orang lain merasakan hal yang sama. Atau sebaliknya.

Namun demikian, kinerja komputer akan dirasakan pada saat perintah – perintah tertentu. Seperti ketika banyak aplikasi berjalan bersamaan, ketika sedang terhubung pada koneksi internet, hingga ketika sedang mencopy sebuah file ke perangkat penyimpanan external.

Pertanyaan yang bisanya muncul mengenai hal ini adalah, mengapa kinerja komputer bisa menurun ? Dan apa saja yang bisa mempengaruhi kinerja sebuah PC atau laptop serta bagaimana cara meningkatkannya. So, tips komputer kesempatan kali ini ingin sedikit berbagi opini berdasarkan pengalaman selama ini.

Faktor Penyebab Kinerja Komputer Bisa Menurun

Menurut beberapa sumber dan pengalaman yang telah dilalui, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi sebuah komputer mengalami penurunan kinerja. Atau bisa kita katakan komputer menjadi lemot atau lambat.

  • Telah dipakai dalam waktu yang lama
  • Hardware dan software out of date
  • Tegangan listrik yang tidak stabil
  • Terinfeksi Virus yang cukup parah
  • Slot komponen (perangkat keras komputer) kendor dan aus
  • Pemakaian yang tidak benar dan komputer tidak pernah dirawat

Dan mungkin masih ada lagi faktor – faktor lainnya yang belum kita temukan. Karena perangkat komputer ini sangat kompleks dan satu sama lain terhubung dan saling mempengaruhi.

Beberapa Opsi Untuk Meningkatkan Kinerja Komputer Anda

Bisakah komputer yang kinerjanya telah menurun ditingkatkan hingga kembali normal, bahkan melebihi performa pada saat pertama kali digunakan ? Beberapa opsi berikut ini bisa anda coba dan jadikan bahan pertimbangan.

1. Upgrade Hardware Komputer

Perangkat komputer, sehebat apapun itu tetaplah buatan tangan manusia yang memiliki batas waktu. Ketika pemakaian sudah terlampau lama, tentu saja kinerjanya akan menurun. Oleh karena itu solusi terbaik untuk meningkatkannya adalah mengupgrade.

Dari begitu banyak hardware atau perangkat keras komputer, manakah yang perlu diupgrade untuk bisa meningkatkan kinerjanya ? Dalam hal ini menurut hemat saya cukup dua komponen penting yaitu :

# RAM

Random Acces Memory (RAM) merupakan salah satu komponen yang cukup berpengaruh dalam kinerja sebuah komputer. Kecepatan akses ditentukan oleh kapasitas dan juga kondisinya. Anda bisa mencoba mengupgrade kapasitas RAM komputer anda menjadi dua kali lipatnya.

# Proccessor

Kedua, jika dirasa masih kurang kinerjanya anda bisa tingkatkan kecepatan akses pada Prccesor komputer anda. Ada bnayak seri Proccesor komputer dengan bermacam – macam spesifikasi yang dibawanya. Coba upgrade Proccesor komputer anda dengan proccesor seri yang sama namun memiliki spek yang dua kali lebih cepat dari yang pertama.

2. Perhatikan Kestabilan Listrik di Rumah Anda

Anda tentu masih ingat dengan pembahasan kita yang lalu tentang bagaimana cara merawat komputer agar lebih awet ? Salah satu opsinya adalah menggunakan UPS. Hal ini memang benar, karena kestabilan aliran listrik yang masuk pada rangkaian komputer cukup berpengaruh terhadap kondisi komputer.

Termasuk juga dalam hal kinerja komputer. Tidak hanya membaut komputer cepat rusak, listrik yang tidak stabil juga dapat mempengaruhi kinerja komputer. Hal ini karena tegangan yang naik turun, akan mempengaruhi kerja masing – masing komponen komputer, jika arus yang mengalir kurang, secara otomatis kinerjanya menjadi tidak maksimal.

Baca juga : Informasi harga UPS komputer terbaru

3. Kencangkan Slot Komponen Yang Kendor Dan Bersihkan Yang Kotor

Ada banyak perangkat keras komputer yang terpadang pada motherboard, termasuk juga kabel – kabel yang menggunakan slot tertentu. Ketika komputer sudah sangat lama, terkadang sambungan tersbebut kotor dan juga kendor. Hal ini dapat menghambat arus listrik yang masuk antar komponen yang satu ke komponen linnya.

Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa anda coba adalah dengan menata ulang atau merangkai ulang perangkat komputer anda dengan terlebih dulu membersihkannya. Mengencangkan skrup yang kendor dan mencoba untuk menancapkan komponen dengan benar. Hal ini tidak ada salahnya anda coba, sekaligus untuk membersihkan isi dalam CPU anda agar terlihat lebih baru.

4. Gunakan Sistem Operasi Yang Ringan

Meningkatkan kinerja komputer tidak hanya dapat dilakukan dengan menambah atau mengupgrade spesifikasinya, namun bisa juga dengan mengurangi. Contohnya, jika anda belum memiliki anggaran untuk mengupgrade harware menjadi dua kali lipat lebih cepat, anda bisa mencari sistem operasi komputer yang ringan.

Hal ini dapat meningkatkan kinerja komputer yang tadinya berat akan menjadi ringan. Tentu saja setelah itu anda harus melakukan hal – hal lain seperti yang sudah kita bahas pada tutorial cara mengatasi komputer lemot. Dua kombinasi ini akan dapat meningkatkan kinerja komputer anda secara significan.

5. Gunakan Pendingin Yang Optimal

Kinerja komputer bisa menurun karena beberapa komponen mengalami overheating. Bukan hanya menurunkan performa dan kinerja, Overheating bahkan menjadi salah satui faktor komputer cepat rusak. Oleh sebab itu, pada pembahsan cara merawat komputer saya sarankan untuk mengoptimalkan pendingan pada CPU. Namun hal ini perlu diimbangi dengan power suplay yang mumpuni.

Jika anda memasang banyak pendingin dengan kualitas terbaik, namun power suplay anda biasa – biasa saja, bisa – bisa tegangan listrik yang mengalir pada komponen lainnya berkurang dan tidak stabil. Hal ini justru akan membuat komputer menurun kinerjanya.

Mungkin ini saja yang bisa saya bagikan kepada anda sekalian, sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja komputer. Silahkan anda coba dan rasakan bagimana hasilnya. Jika anda rasa bermanfaat, silahkan share pada semua teman – teman anda agar mereka juga bisa merasakan manfaatnya seperti yang anda rasakan. Sekian dan terimakasih

Leave a Reply