Tips & Trik Teknik Mengetik Dengan 10 Jari

Komputer atau laptop jadi salah satu item yang wajib dimiliki bagi beberapa orang, terutama bagi para pegawai kantoran, pengusaha, hingga pelajar yang memang dituntut untuk bisa melek teknologi. Tetapi meskipun banyak orang memerlukan PC, faktanya ternyata tidak banyak para pengguna PC atau laptop yang tahu cara mengetik 10 jari. Pada dasarnya, mengetik dengan menggunakan 10 jari bukan sebuah kewajiban.

Anda masih tetap bisa mengetik walaupun hanya dengan dua jari. Namun bedanya, pekerjaan akan lebih cepat selesai jika Anda bisa melakukannya dengan cara yang lebih efisien, salah satunya adalah dengan mencoba belajar tips cara mengetik 10 jari dengan benar.

cara mengetik 10 jari

Nah, kali ini Anda berada di tempat yang tepat karena kita akan mengupas tuntas mengenai cara mengetik 10 jari yang tentunya sangat bisa Anda coba untuk pelajari sendiri. Namun sebelum menuju ke latihan teknisnya, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa sih manfaatnya jika Anda mengetahui seperti apa cara mengetik 10 jari dengan cepat dan mengaplikasikannya pada kehidupan pekerjaan sehari-hari?

  • Pekerjaan bisa selesai lebih cepat. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa dengan mengetik menggunakan 10 jari maka akan sangat membantu membuat pekerjaan di laptop atau pc jadi lebih efisien. Deadline lebih cepat terselesaikan, dan tentunya untuk bisa memenuhi tugas sekolah, skripsi, atau bahkan kebutuhan membuat laporan pekerjaan, Anda tidak perlu lagi memakan waktu berhari-hari karena dengan mengetik 10 jari Anda bisa menyelesaikan semuanya dengan lebih cepat.
  • Meningkatkan kemampuan komputer. Mengetik dengan cepat dan tepat, maka tentu akan semakin melatih kemampuan Anda berfikir dan memahami teknis komputerisasi.
  • Bisa mengetik bahkan dengan menutup mata sekalipun. Apa benar kita bisa mengetik sambil tutup mata? Ternyata bisa lho. Jika Anda sudah menguasai betul mengenai teknik cara mengetik 10 jari, maka secara otomatis otak Anda sudah bisa mendeteksi keberadaan huruf pada keyboard. Hal ini memungkinkan Anda bisa mengetik bahkan tanpa melihat langsung ke arah keyboardnya. Tidak percaya? Coba terus latih kemampuan mengetik 10 jari dan lakukan latihan sambil menutup mata.
  • Bisa jadi modal usaha. Wah? Apa benar? Bagaimana bisa dengan mengetik 10 jari saja kita bisa mendatangkan keuntungan? Dengan cara mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard, berarti Anda sudah mahir untuk bisa merangkai tulisan dan menjadi seorang penulis digital atau digital writer. Nah, menjadi seorang digital writer pun ternyata bisa jadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan dewasa ini, karena kini kehidupan manusia sudah serba digital, begitu pun cara manusia mendapatkan informasi yang kini semua bisa di dapatkan melalui media digital. Untuk itulah maka tidak ada salahnya Anda coba untuk menjadi kontributor tulisan di dunia digital dan mendapatkan banyak keuntungan, misalnya dengan menjadi blogger, freelance writer, content writer, dan lain-lain.

Dari beberapa poin di atas, dapat diketahui ternyata ada banyak sekali ya manfaat dari mengetik cepat dengan 10 jari ini. Lantas, seperti apa sih tips dan trik cara mengetik 10 jari? Pertama-tama, ketahui posisi jari dan pasangan hurufnya dengan urutan berikut:

  • Ibu jari tangan kanan pada tombol alt dan spasi
  • Jari telunjuk tangan kanan di angka 6 dan 7, kemudian di huruf Y U H J B N M
  • Jari tengah tangan kanan di angka 8, kemudian di huruf I dan K
  • Jari manis tangan kanan di angka 9, kemudian di huruf L dan O
  • Jari kelingking tangan kanan di tanda (.) (,) (/), kemudian di huruf P
  • Ibu jari tangan kiri pada tombol spasi dan alt
  • Jari telunjuk tangan kiri di angka 4, 5 dan 6, kemudian di huruf R T F V G Y dan B
  • Jari tengah tangan kiri pada angka 3, kemudian di huruf C D dan E
  • Jari manis tangan kiri pada angka 2, kemudian di huruf X S dan W
  • Jari kelingking tangan kiri pada tombol capslock, tab, shift, angka 1, dan huruf Q A dan Z.

Selanjutnya, coba hafalkan posisi jari tangan dan pasangan huruf atau tombol keyboard, kemudian latih secara berkala untuk membiasakan tangan Anda dengan posisi keyboard yang tepat sesuai dengan cara mengetik 10 jari seperti di atas. Jika Anda mengalami kesulitan, maka jangan langsung menyerah namun teruslah berlatih. Belajar cara mengetik 10 jari untuk pemula memang bukanlah hal yang mudah.

Pertama-tama Anda pasti merasa kagok karena belum terbiasa dengan teknik mengetik ini. Bahkan bisa saja Anda merasa lebih lambat mengerjakan tugas karena jari tangan masih harus meraba-raba huruf yang tepat untuk jari-jari tangannya. Belum lagi dengan tuntutan deadline pekerjaan yang semakin dekat, tak jarang membuat banyak orang akhirnya tidak sempat untuk belajar mengetik menggunakan 10 jari. Padahal, latihan mengetik ini bisa juga dilakukan di rumah lho selama ada pc atau komputer yang masih bisa digunakan.

Dengan latihan yang rutin maka dijamin teknik cara mengetik 10 jari akan sangat mudah untuk dilakukan. Anda bahkan bisa menghafal posisi tombol pada keyboard di luar kepala sehingga mengetik dokumen apa pun sebanyak apa pun tidak lagi menjadi sebuah masalah besar.

Nah, untuk latihan awal, Anda tidak perlu langsung mengetik kata atau bahkan kalimat panjang. Cukup ketikan huruf dengan posisi jari yang tepat secara random atau acak, bergantian pada setiap jari. Hal ini untuk melatih 10 jari dan membiasakannya berada pada posisi tombol pada keyboard yang seharusnya.

Dengan melakukan latihan seperti ini, maka akan membantu mengingat letak jari yang tepat dan pas dengan huruf atau tombol di keyboard. Selain latihan secara otodidak, Anda juga bisa mencoba melatih cara mengetik 10 jari dengan melalui bantuan software atau aplikasi seperti keybr.com, speed typing online, typing online sense-lang, dan masih banyak lagi aplikasi lainnya yang bisa Anda coba akses untuk bisa belajar bagaimana sih cara mengetik 10 jari beserta gambarnya.

Itulah informasi kita pada pembahasan kali ini. Tips tambahan bagi Anda yang sedang atau akan berlatih mengetik dengan menggunakan 10 jari, teruslah lakukan latihan menulis secara rutin setiap hari. Awali dengan menghafal huruf per huruf plus dengan posisi jarinya, kemudian selanjutnya coba buat paragrapf berbentuk tulisan karya Anda sendiri.

Pelajari juga :

Semakin sering Anda melatih kemampuan jari untuk mengetik secara efisien menggunakan 10 jari, maka tentu akan sangat membantu membuat pekerjaan rumah, tugas kuliah, skripsi, thesis, hingga tugas dari pekerjaan bisa selesai berkali-kali lipat lebih cepat. Semoga informasi mengenai tips dan cara mengetik 10 jari ini bisa bermanfaat ya untuk pembaca.

Leave a Reply