5 Merk Harddisk Internal Laptop Rekomended Plus Update Harga Terbarunya

Anda yang kerap bekerja dengan komputer atau laptop pasti kerap mendengar istilah hard disk. Perangkat keras yang ada di dalam komputer ini memang menjadi salah satu komponen penting. Tidak heran jika hard disk mengalami kerusakan, Anda harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk menggantinya. Apa itu harddisk dan berapa harga harddisk internal ?

Pengertian, Fungsi, dan Daftar Harga Harddisk Internal Laptop

Hard disk merupakan salah satu komponen dalam perangkat laptop atau komputer yang berfungsi untuk menyimpan konten digital. Konten tersebut meliputi foto, musik, program, aplikasi, dokumen, dan file lainnya. Hard disk sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu eksternal dan internal. Hard disk internal terpasang pada perangkat, sedangkan eksternal bersifat portable.

Setiap hard disk biasanya mempunyai ukuran yang berbeda. Ukuran tersebut kemudian ditentukan dengan satuan MB (megabyte), GB (gigabyte), dan TB (terabyte). Setiap ukuran mempunyai kapasitas penyimpanan file digital dengan jumlah tertentu dengan satuan TB sebagai ukuran terbesar saat ini. Pemilihan hard disk sangat relatif, tergantung pemakaian dan besaran kapasitas yang Anda butuhkan.

Dalam spesifikasi hard disk, dikenal kecepatan putaran atau biasa disebut sebagai RPM (rotasi per menit). Kecepatan ini cukup penting karena semakin cepat disk berputar, maka semakin cepat pula kinerja laptop. Sebagai contoh, hard disk dengan 7200-RPM mampu bekerja lebih cepat jika dibandingkan dengan hard disk 5400-RPM. Aspek ini penting untuk diperhatikan jika Anda memilih hard disk internal untuk laptop.

Selain hard disk internal, beberapa orang juga menggunakan hard disk eksternal sebagai penyimpanan cadangan. Hal ini dikarenakan hard disk internal cukup rawan terkena masalah sehingga Anda beresiko kehilangan semua konten yang tersimpan. Oleh karena itu, terkadang pencadangan menggunakan hard disk eksternal dibutuhkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berbicara tentang hard disk internal bermasalah, hal ini tentu akan berpengaruh pada kinerja laptop. Umumnya dimulai dari laptop lemot hinga tidak bisa booting. Hanya ada satu pilihan yang bisa Anda ambil jika hard disk tersebut rusak. Anda harus mengganti dengan hard disk baru sehingga laptop bisa bekerja sebagaimana mestinya. Sayangnya mengganti perangkat dengan yang baru tidak dapat mengembalikan konten digital yang telah Anda simpan.

Ada berbagai macam pilihan hard disk internal yang tersedia di pasaran. Jika Anda berencana untuk mengganti hard disk internal laptop, berikut ini adalah beberapa pilihan hard disk yang bisa Anda gunakan :

1. Hard disk internal Hitachi 500GB

Harga Harddisk Internal Laptop

Pilihan pertama adalah hard disk dari Hitachi. Perangkat keras ini mengusung kapasitas 500 GB yang tergolong cukup untuk Anda yang tidak mempunyai banyak konten digital untuk disimpan. Hard disk internal Hitachi berbasis SATA ini berukuran 2.5 inchi, sebagaimana ukuran hard disk standar untuk laptop.

Dengan spesifikasi 5400 putaran per menit, Hitachi bisa menjadi pilihan bagi Anda yang aktif menggunakan laptop untuk keperluan sehari-hari. Harga harddisk internal Hitachi 500GB adalah sekitar Rp 625.000. Harga ini cukup terjangkau mengingat spesifikasi yang dihadirkan juga terbilang baik.

2. Hard disk internal Seagate 1TB

harddisk internal 1TB Seagate

Seagate merupakan merk hard disk terkenal yang telah digunakan di seluruh dunia. Hard disk ini mempunyai kualitas yang baik dan cukup tangguh untuk menunjang kinerja Anda. keunggulan dari Seagate adalah kemampuannya untuk bertahan hingga 24 jam nonstop.

Seagate telah memproduksi berbagai hard disk dengan kapasitas bervariasi, mulai dari 250GB hingga 6TB. Jika menginginkan hard disk Seagate dengan kapasitas 1TB, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Seagate Barracuda 1TB. Perangkat ini mempunyai spesifikasi 7200 RPM berbasis SATA III. Harga harddisk internal 1TB Seagate ini berkisar antara Rp 640.000 hingga Rp 780.000.

Jika melihat dari spesifikasi yang dimiliki, harga tersebut bisa dibilang terjangkau. Anda bisa mendapatkan kapasitas 1TB dengan kecepatan yang memadai. Hard disk ini cocok untuk Anda yang membutuhkan kecepatan tinggi ketika bekerja dengan laptop. Kapasitas yang besar juga memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai konten digital.

3. Hard disk internal Seagate Barracuda 500GB

Harga harddisk internal Seagate Barracuda 500GB

Jika sebelumnya membahas tentang hard disk Seagate Barracuda 1TB, kini saatnya untuk membahas tentang hard disk berkapasitas 500GB. Anda yang menginginkan kecepatan tapi tidak terlalu membutuhkan kapasitas yang besar, maka hard disk ini sangat sesuai untuk laptop. Dari sisi keunggulan, hard disk ini juga mengusung keunggulan yang sama dengan Barracuda 1TB.

Seagate Barracuda 500GB hadir dengan spesifikasi memadai yang meliputi kapasitas 500GB, kecepatan rotasi 7200 RPM serta interface SATA III. Hard disk ini juga menawarkan kapasitas cache sebesar 16MB. Harga harddisk internal Seagate Barracuda 500GB ini adalah sekitar Rp 600.000.

4. Hard disk internal Western Digital

harga harddisk internal WD Blue 1TB

Perangkat yang satu ini juga banyak dipilih oleh pengguna laptop dan komputer. Keunggulan dari produk ini nampak dari performa serta keawetannya. Western Digital telah berpengalaman dalam menyediakan hard disk berkualitas dengan kapasitas penyimpanan yang cukup bervariasi.

Jika Anda menginginkan hard disk Western Digital blue dengan kapasitas 1TB, Anda telah memilih perangkat yang tepat. Western Digital hadir dengan interface SATA 6 dan kapasitas cache 64MB. Mengusung kecepatan 7200 RPM, hard disk ini bisa diandalkan untuk kinerja komputer yang memadai. Western Digital berukuran 3.5 inchi sesuai untuk dipasang pada desktop Anda.

Anda tidak perlu menguras kantong untuk membeli hard disk internal dari Western Digital. Meskipun mengusung spesifikasi yang memadai, harga harddisk internal WD Blue 1TB berkisar pada angka Rp 710.000. Tentu saja harga ini setara dengan kemampuan yang ditawarkan.

Selain seri Blue, Anda juga bisa mendapatkan hard disk seri lainnya dari Western Digital. WD Caviar atau biasa disebut sebagai WDC juga menawarkan kemampuan yang tidak kalah dari WD Blue. Hard disk ini didesain dengan spesifikasi yang cukup memadai, yaitu kapasitas penyimpanan 1TB dengan kecepatan 7200 RPM. Perangkat menggunakan SATA III dengan kapasitas cache 32MB.

Dapat dilihat bahwa WD Blue dan WD Caviar hanya mempunyai sedikit perbedaan, yaitu pada interface SATA dan kapasitas cache. Harga yang ditawarkan juga tidak terpaut jauh dari WD Blue. Harga harddisk interal WDC 1TB adalah sekitar Rp 700.000.

5. Hard disk internal HGST 500GB

harddisk interal WDC 1TB

Jika Anda adalah penggemar produk HGST, maka hard disk internal inilah yang patut Anda pilih. Ada berbagai jenis hard disk yang tersedia, dengan kapasitas penyimpanan berkisar antara 500GB hingga 6TB. Ukuran paling rendah yang bisa Anda dapatkan adalah HGST Travelstar 500GB. Hard disk ini menawarkan keunggulan berupa keawetan yang mampu bertahan hingga 5 tahun.

HGST Travelstar sendiri menawarkan spesifikasi interface SATA dan mengusung kecepatan pada 5400 RPM. Hadir dengan ukuran 2.5 inchi, hard disk ini sangat sesuai untuk digunakan pada laptop Anda. Harga harddisk internal HGST 500GB adalah sekitar Rp 599.000. Harga ini sedikit lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga harddisk internal Western Digital 500GB.

Nah, untuk anda yang ingin segera mengganti hardisk laptopnya yang rusak atau Upgrade ke kapasitas yang lebih tinggi. Semoga review 5 merk Hard Disk Internal Laptop kali ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda. Sekian dan selamat berburu.

2 Comments

  1. resep inyong September 11, 2018 Reply

Leave a Reply

error: Content is protected !!