Cara Termudah Back Up Data Dari Komputer

Cara backup data komputer bisa dilakukan dengan banyak metode. Bisa dengan cara manual, atau bisa juga dengan menggunakan cara yang sedikit lebih canggih dari itu. Berikut ini akan dibahas sekilas wacana mengenai backup data di komputer. Perluah ? atau tidak perlu ? dan metode apa saja yang bisa kita gunakan ?

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang ada berapa cara back up data di PC atau laptop, terlebih dulu mungkin saya ingin bertanya. Pernahkah anda terpikirkan untuk melakukan back up data di komputer anda ? Sudah pasti jawabanya bermacam – macam bukan, oke namun berdasarkan pengalaman saya ternyata back up data komputer atau laptop ini ternyata cukup penting loh.

Tujuan & Manfaat Back Up Data di Komputer

  • Melindungi data penting di dalam PC dari hal yang tidak diinginkan (terhapus, terformat, rusak dan lain sebagainya)
  • Menyimpan file – file yang tidak tahu kapan akan digunakan agar tidak hilang
  • Membersihkan ruang penyimpanan, hard drive dari file – file yang belum akan digunakan saat ini
  • Membuat sebuah database sepanjang waktu yang dihasilkan dari komputer atau laptop kita.

Dan tentunya ada banyak lagi manfaat dan tujuan melakukan back up data di komputer, masing – masing orang berbeda – beda. Namun setidaknya beberapa opsi diatas sudah mewakilinya.

Beberapa Cara Backup Data Komputer

1. Backup Data Komputer Secara Manual

Mungkin ini cara yang paling mudah untuk dilakukan, khususnya untuk orang awam yang baru belajar komputer. Pasalnya metode ini hanyalah dengan memindahkan (move) data dari drive di komputer ke dalam perangkat penyimpanan luar seperti Hardisk Eksternal, DVD / CD, Flashdisk dan lain sejenisnya.

Jadi, data – data yang sudah tidak kita pakai lagi untuk saat ini atau waktu yang cukup lama, seperti file foto lama, gambar lama, audio / vidio, master program atau file dokumen lain kita pindahkan ke direktori eksternal seperti yang sudah dijelaskan diatas. Anda bisa pilih menggunakan CD / DVD dengan cara Burning, atau hanya memindahkannya saja ke Drive Eksternal yang anda miliki.

Baca : Cara menyimpan file dari komputer ke flashdiks

2. Backup Data Menggunakan Sistem Backup Windows

Cara backup data komputer yang kedua bisa kita lakukan dengan fasilitas aplikasi atau program yang sudah diberikan oleh windows. Jika anda menggunakan sistem operasi lain pastinya ada fasilitas ini juga. Di wondows kita bisa melakukan backup data dengan aplikasi “Backup and Restore” file windows. Anda bisa mengaksesnya dari start menu -> All Program -> Maintenance -> Backup and Restore

backup data di komputer

Dengan Progrm ini kita diberikan pilihan untuk membackup data menjadi file image. File tersebut nantinya langsung bisa kita bakar “burning” di CD/ DVD. Dan kita juga bisa membackup sistem operasi windows menjadi sistem repair. Kita bisa merestore kembali ketika satu saat Windows kita bermasalah.

3. Backup Data di Cloud Storage

Nah, cara yang ketiga ini mungkin cara yang paling baru di jaman sekarang dimana serba menggunakan cloud. Apa itu Cloud ? Jika kita terjemahkan secara langsung artinya “awan”, maksudnya adalah siatem penyimpanan data di dalam jaringan internet. Jadi kita bisa mengaksesnya kapan saja selama kita bisa terkoneksi dengan jaringan internet.

Kita tidak perlu membawa flashidk, hardisk, atau apapun dalam bentuk fisik. Semua file – file kita simpan di Cloud Storage dan kita bisa akses baik edit, kirim, simpan, download kapan saja dan dimana saja asal kita terkoneksi dengan internet. Canggih bukan ? Gratis kah ?

Ya, kita bisa mendapatkan Cloud Storage gratis dengan kapasitas tertentu. Kita hanya cukup menyediakan akun email akitf. Begitu kita register langsung kita mendapatkan jatah cloud storage gratis. Paling sedikit 2 GB paling banyak 16 GB. Dengan kapasitas tersebut kita bisa backup data – data kita yang penting. Kita bisa edit dan kembali disimpan di cloud agar tidak takut hilang.

Baca : Daftar penyedia cloud storage gratis terbaik

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan backup data di komputer. Anda bisa memilih salah satunya diantara ketiga metode tersebut yang menurut anda paling pas dan sesuai dengan kondisi anda. Sekian dari saya, semoga bermanfaat ! Salam tips komputer –

Leave a Reply

error: Content is protected !!