Cara Mudah Uninstall (Menghapus) Program Di Komputer

Unintall program atau software atau aplikasi di komputer dan laptop merupakan satu hal yang perlu kita pelajari sebagai pengguna komputer. Pasalnya pengetahuan ini cukup penting. Tidak hanya untuk memudahkan kita dalam menggunakan komputer, namun juga bisa sebagai trouble shooting beberapa permasalahan yang muncul di komputer kita.

Cara Uninstall program di komputer sama mudahnya dengan menginstall progam itu sendiri. Bahkan lebih mudah. Istilah unintall sama dengan mencopot atau menghapus dari komputer kita. Yang tadinya ada dan terpasang di komputer, menjadi hilang atau terhapus.

Kenapa sih kita harus melakukan uninstall program komputer ? Pertanyaan yang bagus ! Setidaknya ada beberapa hal yang membuat program atau aplikasi komputer perlu di uninstall atau dihapus.

  • Software atau aplikasi yang sudah tidak digunakan atau memang tidak digunakan
  • Ingin mengganti Software atau aplikasi dengan yang baru
  • Software atau program komouter eror sehingga tidak bisa digunakan
  • Indikasi membawa virus komputer yang mengganggu.
  • Ingin memperbesar kapasitas Disk yang sudah limit

Opsi terakhir juga bisa kita lakukan sebagai upaya untuk mengatasi komputer yang lemot karena hardisk sudah penuh dengan berbagai macam aplikasi dan software. Sehingga dengan uninstall beberapa program akan membuat kapasitas hardisk bertambah.

Cara Uninstall Program di Komputer Windows 7

Baik, saya kira cukup mukadimahnya. Sekarang langsung saja kita belajar tutorial bagaimana cara menghapus aplikasi dari komputer atau laptop dengan sistem operasi windows 7. Untuk anda yang menggunakan windows selainnya caranya tidak jauh berbeda. Ikuti saja panduan ini.

  1. Pertama tentu saja nyalakan komputer anda
  2. Periksa program atau software mana yang akan anda hapus (Uninstall)
  3. Setelah anda mengambil keputusan, langsung saja menuju kontrol panel
  4. Anda bisa mengakses control panel dari mana saja, di sini saya contohkan dari start menu. Klik Start Menu -> lihat sisi sebelah kanan, klik Control Panel
    cara menghapus aplikasi komputer
  5. Setelah itu akan muncul jendela Control Panel komputer anda
  6. Langkah selanjutnya, klik pada opsi Programs and Features
    cara uninstall program di komputer
  7. Anda melihat ada banyak software atau aplikasi yang terpasang di komputer anda.
  8. Klik pada Program komputer yang ingin anda copot atau uninstall, kemudian klik Uninstall
    cara menghapus aplikasi di komputer
  9. Beberapa software atau aplikasi akan memunculkan jendela konfirmasi apakah anda benar – benar akan menghapus program tersebut atau tidak, klik Yes untuk melanjutkan.
  10. Tunggu hingga selesai proses uninstall. Jika sudah anda bisa cek di daftar program seperti pada gambar pada point 9. Software atau aplikasi yang anda hapus sudah hilang dan tidak muncul disana.

Cara Menghapus Program di Windows 7 Yang Tidak Bisa Diuninstall

Adakah software yang seperti ini ? Ada karena saya pernah beberapa kali mengalaminya. Ada software atau aplikasi yang tidak bisa dihapus dari Control Panel. Lalu bagaimana cara uninstall program yang tidak bisa dengan cara diatas ?

Berdasarkan pengalaman saya, apabila kita menemui software yang seperti ini maka kita hapus dari direktori file tersebut terpasang yaitu pada Local Disk C. Caranya akses Local Disk C -> Program Files Di dalam program file inilah tersimpan file – file software atau aplikasi komputer kita terpasang (di sini kita dapati ada dua) silahkan cari dimana software yang akan anda hapus dipasang. Hapus folder aplikasi yang anda maksud.

cara uninstall program di komputer windows 7

Cara Uninstall program komputer juga bisa anda lakukan langsung ketika kita mengakses software terseabut dari start menu. Memang tidak semua software memunculkan menu uninstall pada termpat tersebut. Berikut contoh software yang saya maksud.

Nah cukup mudah kan ? Saya rasa anda pasti bisa setelah membaca tulisan ini. Silahkan dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan anda. Mungkin sampai di sini dulu tutorial tips komputer tentang cara uninstall program komputer khususnya di sistem operasi windows 7. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply