Seperti Ini Cara “Cleaning” Printer Yang Benar

Cara cleaning printer tidaklah sulit, dan ini harus kita ketahui serta pelajari dengan benar. Terlebih lagi untuk anda yang memiliki printer sendiri di rumah, karena “cleaning” merupakan salah satu langkah cara merawat printer degan baik yang sudah pernah kita bahas sebelumnya. Bagi anda yang kebetulan belum mengetahui bagaimana cara head cleaning printer bisa simak penjelasannya sekarang.

Pada saat anda membeli sebuah printer, khususnya tipe InkJet dimana tinta printer ini berbentuk cair dan tersimpan dalam wadah yang dinamakan cartridge, terdapat CD software yang berisi driver untuk mengkoneksikan printer dengan PC. Selain itu, juga terdpat software yang memungkinkan kita melakukan maintenance terhadap printer salah satunya yaitu membersihkan “head” printer atau sering disebut cleaning printer.

Bagaimana teknis cara cleaning printer, disini kita akan praktekan langsung menggunakan sebuah printer inkjet yaitu Canon IP2770. Namun anda jangan khawatir, tutorial ini berlaku untuk semua tipe printer merk Canon. Untuk merk lainnya silahkan disesuaikan, hanya berbeda menu nya saja. Adapun caranya, saya rasa sama.

Cara Cleaning Printer Canon

Baiklah, untuk melakukan “Head Cleaning” yang pasti printer dan komputer anda sudah terkoneksi dengan baik. Apabila belum, silahkan install printer anda terlebih dahulu. Lihat cara install printer canon apabila anda membutuhkan tutorialnya. Jika sudah, berikut langkah – langkahnya.

1. Masuk menu Device & Printer melalui “control panel”, klik start menu -> Control panel ->Device & Printer.

cara cleaning printer

2. Pada printer yang dimaksud klik kanan lalu klik “Printer Properties” untuk membuka menu pengaturan printer, select printer -> Klik kanan -> Printer Porperties.

cara cleaning printer

3. Setelah muncul jendela “printer properties”, klik di tab “maintenance” atau bila menggunakan bahasa indonesia “perawatan” di ujung paling kanan.

cara cleaning printer

4. Perhatikan pojok kiri atas, terdapat dua buah menu “Cleaning” atau “pembersihan”dan yang satunya “Deep Cleaning”. Klik “Cleaning” untuk melakukan “Cleaning”, adapun cara deep cleaning printer, yaitu dengan memilih “deep Cleaning” atau “pembersihan tingkat dalam”

cara cleaning printer

Kemudian pilih cartridge tinta mana yang ingin anda bersihkan, semua, warna atau hitam saja. Pilih dan selanjutnya klik “laksanakan”

cara cleaning printer

5. Tunggu hingga proses “Cleaning” selesai, biasanya hanya memerlukan waktu beberapa detik, selesai proses ditandai dengan muncul pilihan untuk memeriksa atau mencetak pola yang dihasilkan oleh “cartridge”

cara cleaning printer

Nah, setelah proses “cleaning” atau pembersihan dilesai dilakukan, akan muncul pilihan apakah anda akan mengecek pola yang dihasilkan atau tidak.

cara cleaning printer

6. Sebaiknya anda mencetaknya untuk melihat apakah pola yang dihasilkan sudah sesuai dengan kondisi normalnya. Jika anda rasa sudah cukup klik “keluar”, namun apabila dirasa kurang, bisa klik “cleaning” untuk melakukan pembersihan sekali lagi.

cara cleaning printer

Adapun apabila kondisi printer anda memang sudah lama, dan belum pernah ganti “cartridge” coba lakukan “Deep Cleaning”. Langkah – langkahnya sama saja, hanya pada menu printer properties klik opsi “deep cleaning” atau pembersihan tingkat dalam. Biasanya “deep cleaning” printer, cukup efektive untuk mengatasi permasalahan karena kondisi kartridge yang sudah lemah karena faktor usia.

Mungkin diantara anda ada yang belum mengetahuinya, mengapa kita perlu melakukan Head Cleaning Printer ? Dan kapankah kita melakukannya ? Simak sedikit penjelasan dan manfaat yang ingin diperoleh dengan melakukan treatment ini.

Cartride, merupakan salah satu bagian printer yang cukup penting, salah stu bagian cartridge adalah “Head” dimana disitu terdapat “Nozzle” atau mulut semprot. Tugasnya adalah mengeluarkan tinta dari wadah tinta pada kertas yang kita gunakan untuk mencetak. Berikut beberapa tujuan dan mengapa kita perlu belajar bagaimana cara cleaning printer dengan benar.

  • Membersihkan “Head Printer”, dengan kata lain membersihkan mulut semprot pada Cartridge printer agar proses keluarnya tinta menjadi lancar
  • Menghilangkan sumbatan – sumbatan yang mungkin ditimbulkan karena sisa tinta yang sedikit mengering
  • Salah satu tindakan perawatan printer yang membuat printer awet dan tahan lebih lama.
  • Deep Cleaning Printer dilakukan untuk mengatasi hasil cetakan printer yang kurang baik karena faktor usia printer yang sudah cukup lama
  • Head Cleaning juga dilakukan untuk mengatasi “masuk angin” pada printer infus.

Kapan kita melakukan Head Cleaning printer ?

Jika printer anda masih baru, sebaiknya anda tidak perlu melakukan head cleaning terlalu sering. Bahkah untuk pemakaian pribadi, tidak perlu karena printer khususnya Canon, akan melakukan head cleaning otomatis ketika akan shut down. Jadi, kteika kita tekan tombol off pada printer, sebelum printer off, dia akan secara otomatis melakukan cleaning atau pembersihan.

Nah demikianlah sedikit tutorial singkat bagaimana cara cleaning printer, khususnya printer canon. Sekali lagi, asalkan printer anda merk Canon, cara yang dilakukan sama persis dengan apa yang sudah kita pelajari. Namun apabila printer anda merk lain, maka tinggal anda sesuaikan saja namnun langkah – langkahnya sama. Hanya berbeda sedikit pada tampilan menu – menunya. Sekian, semoga bermanfaat. Ikuti terus tips menariik seputar komputer dan printer hanya di tipskomputer.net

Baca juga : Update harga Printer Epson terbaru 2018

Leave a Reply