5 Langkah Merawat Printer Yang Terbukti Efektif

Cara merawat printer merupakan hal yang seharusnya kita pelajari, terlebih lagi untuk kita yang dirumah memiliki printer sendiri. Apapun benda yang kita miliki, apabila tidak dirawat kemungkinan akan cepat rusak dan tidak awet. Termasuk output device yang satu ini. Printer akan cepat rusak apabila kita tidak pandai merawat dan menggunakannya. Oleh karena itu, yuk kita belajar bagaimana cara merawat printer yang baik agar printer kita awet dan tahan lama.

Mungkin printer yang anda miliki berbeda antara orang yang satu dan yang lainnya, namun tips yang akan kita bahas ini, bisa anda gunakan pada semua merk dan tipe. Walaupun di sini akan lebih spesifik membahas printer canon. Karena apa ? Kebetulan yang saya gunakan di rumah adalah Canon, jadi saya akan share tutorial yang simpel dan spesifik yaitu bagaimana cara merawat printer canon.

Tapi, seperti yang sudah kita sampaikan, tutorial ini bersifat umum dan bisa banget anda lakukan di printer merk lainnya seperti HP ataupun Epson. So, tidak perlu berkecil hati dan leave dari tutorial ini. Yuk kita mulai saja langsung, langkah – langkah apa saja yang seharusnya kita lakukan sebagai salah satu cara merawat printer yang kita miliki.

Cara Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak

Berikut ini adalah langkah – langkah sederhana yang bisa anda lakukan pada printer, untuk menjaga dan merawat printer agar awet dan tidak cepat rusak. Perhatikan baik – baik, dan silahkan coba praktekan nanti setelah membaca tutorial ini.

1. Gunakan Printer Sesuai Kemampuannya

Semua mesin yang dibuat oleh manusia pastinya memiliki standar penggunaan, spesifikasi dan juga batas maksimal kekuatannya. Sama halnya dengan Printer. Pasti juga memiliki batas dimana dia akan rusak apabila digunakan jauh melebihi standar pemakaian yang sudah ditentukan.

cara merawat printer

Sebagai analogi printer Canon ip2770, termasuk printer inkjet yang cukup handal. Sekuat apapun printer ini, apabila kita paksakan mencetak sehari tanpa berhenti, kira – kira apa yang akan terjadi ? Kerusakan printer tipe ini biasanya pertama kali terletak pada cartridge. Dan ini jelas, terjadai karena pemakaian yang melebihi batas.

Silahkan cek : Fitur & Spesifiksi Printer Canon ip2770

Apabila pemakaian wajar, umur cartridge bisa hingga 1 tahun. Tapi apabila tidak wajar, mungkin hanya 2 minggu cartridge sudh rusak. Jadi tips pertama dalam bahasan cara merawat printer yaitu gunakan printer sesuai dengan spesifikasi teknisnya.

Khusus untuk anda yang memiliki printer canon ip2770, berikut tips cara merawat printer canon ip2700 khususnya ketika mencetak dokumen :

  • Usahakan kertas dalam keadaan bersih dan tidak berbedebu
  • Apabila and mencetak dalam jumlah banyak, istirahatkan printer setelah mencetak 20 – 30 halaman, kemudian mulai lagi.
  • Jika printer masih baru, atur kualitas pencetakan di level “fast” atau “standar”
  • Gunakan kedua cartridge dalam mencetak warna ataupun hitam – putih

2. Perhatikan Tinta Printer Dan Hal Yang Masih Berhubungan

Printer befungsi untuk mencetak, secara otomatis pasti terdapat tinta didalamnya. Sebagaimana Printer Canon ip2770 termasuk jenis printer Inkjet yang memiliki tinta berbentuk cairan. Kalau anda punya printer lain, tinggal sesuaikan saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam urusan cara merawat printer yang berhubungan dengan tinta. Apa sajakah itu, berikut beberapa opsinya.

  • Isilah tinta printer dengan cara yang benar

    Kalau kita bicara Canon IP2770, wadah tinta printer menjadi satu dengan Cartridge. Dan terdiri dari dua buah cartridge, hitam dan warna. Yang perlu diperhatikan dalam mengisi tinta adalah jangan sampai salah posisi warna pada saat mengisi cartridge warna. Anda harus memperhatikan letak wadah tinta merah, kuning, dan biru. Jangan sampai tertukar.

    cara merawat printer

    https://refreshcartridges.co.uk

    Kemudian selain itu, pada saat mengeisi tinta usahakan jangan memegang bagian konektor logam yang terletak di bagian depan cartridge. Lalu isilah tinta printer sedikit – demi sedikit, jangan sampai terlalu penuh dan meluap. Untuk anda yang memiliki printer canon ini salah satu cara merawat catridge printer canon agar tidak cepat rusak.

  • Jangan sampai tinta printer kosongcara merawat printerBagi anda yang printernya sudah dimodifikasi (infus), salah satu cara merawat printer canon ip2770 infus yang paling sederhana adalah dengan memperhatikan kondisi tinta. Jangan sampai kosong karena inilah kebanyakan penyebab kerusakan yang cukup sering dialami, dan dikenal dengan istilah “masuk angin”.
  • Gunakan tinta printer yang sejenis cara merawat printerHal yang perlu diperhatikan lagi dalam urusan tinta yaitu jangan gonta – ganti merk atau jenis tinta. Ada dua jenis tinta printer untuk Inkjet, yang berbeda kekentalannya. Usahakan dalam mengisi ulang selalu gunakan jenis tinta printer yang sama.Perhatikan juga merk dan spesifikasinya, terkadang ada yang menggunakan tinta printer merk lain untuk printer merk Canon misalnya. Ini akan berdampak pada cartridge, menjadi mudah rusak. Ini merupakan bagian penting dan salah satu cara merawat printer inkjet yang terbukti efektif.Penting : 5 Merk tinta Printer Canon ip2770 paling rekomended

3. Matikan Printer Dengan Cara Yang Benar

Kelihatannya sepele namun ini bisa membuat printer kita cepat rusak apabila tidak diperhatikan. Printer juga terdiri dari komponen hardware dan software, seperti komputer apabila anda tidak mematikannya dengan benar maka akan berdampak buruk. Jadi tips merawat printer yang satu ini juga perlu anda perhatikan.

cara merawat printer

Mematikan printer yang benar adalah dari tombol On/Off, dan tunggu hingga printer benar – benar off apabila anda ingin mencabut kabel powernya. Ketika printer dimatikan dengan benar, secara otomatis beberapa saat sebelum off, printer akan melakukan pembersihan head cartridge, sehingga dalam keadaan bersih. Cara merawat printer yang paling simpel dan mudah namun terkadang orang tidak memperhatikannya.

4. Perhatikan Kebersihan Printer

cara merawat printer

Memperhatikan kebersihan printer juga merupakan salah satu cara merawat printer agar awet dan tidak cepat rusak. Head Cartridge merupakan salah satu bagian printer yang paling sensitif. Jangan sampai debu – debu yang beterbangan membuat kotor bagian ini. Walaupun posisinya terletak di dalam, namun apabila kita membiarkan printer terpapar debu terus – menerus dalam waktu yang lama. Bisa jadi kotoran tersebut sudah menempel pada bagian ini. So, caranya adalah :

  • Usahakan meletakkan printer di ruangan yang sedikit terpapar debu
  • Selalu tutup cover printer apabila anda telah selesai menggunakannya
  • Bungkus dengan plastik printer, apabila anda ingin menyimpannya atau tidak menggunakannya beberapa hari
  • Rutin bersihkan debu – debu yang menempel di bagian luar printer
  • Perhatikan kondisi kertas pada saat akan mencetak, apakah berdebu atau tidak.
  • Gunakan menu “head cleaning” apabila kondisi cetak sudah kurang baik sekedar untuk membersihkan mulut semprot pada cartridge.

Baca tutorialnya : Cara “Head Cleaning” printer yang benar

5. Perhatikan Cara Menyimpan Printer

cara merawat printer

Apakah ada sesuatu yang penting di sini ? Tentu saja ada. Jika anda ingin menyimpan printer dalam waktu yang cukup lama, tidak tahu lagi kapan mau digunakan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ini juga merupakan bgaian dari cara merawat printer dengan benar. Berikut hal – hal yang mestinya diperhatikan dalam hal ini :

  • Bungkus printer dengan plastik dan masukkan kembali ke dalam kardus sebelum anda menyimpannya
  • Cari tempat menyimpan yang tidak terkena matahari langsung atau sangat panas
  • Hindari menempatkan printer di ruangan yang terlalu lembab bahkan basah.
  • Gunakan printer 2 minggu sekali walapun sekedar untuk mencetak 1 atau 2 lembar saja. Atau bisa juga anda lakukan “head cleaning” setelah itu simpan lagi dengan cara yang sudah disebutkan diatas.

Tempat yang terlalu kering atau panas, akan membuat tinta yang menempel pada mulut smprot kering dan ini tentu saja akan menghambat keluarnya tinta, akibatnya tinta macet. Sedangkan tempat yang terlalu lembab bisa membuat komponen logam printer berkarat.

Baca juga :

Nah demikian tadi beberapa langkah sederhana yang bisa anda praktekan langsung sebagai sarana atau cara merawat printer agar awet dan tidak cepat rusak. Sekian, sampai jumpa di tutorial selanjutnya tetap update terus tipskomputer.net.

Leave a Reply