SEO Off Page Sederhana Ini Masih Relevan Di Tahun 2019

SEO Off Page merupakan bagian dari bahasan SEO secara keseluruhan. Memang ilmu ini tidak memiliki kurikulum yang pasti. Semua berasal dari para pakar yang menemukan teknik yang telah dicoba dan menuai keberhasilan. Demikian juga dengan bahasan kita kali ini, SEO Off Page sederhana untuk para pemula yang ingin belajar lebih dalam tentang SEO.

Di kesempatan yang lalu tipskomputer teleh membahas secara singkat dan global mengenai apa itu SEO. Dan kita semua mengetahui bahwa untuk memudahkan pembelajaran, SEO dibagi menjadi dua opsi yaitu On Page dan Off Page. Kurang lengkap rasanya apabila kita tidak menyelesaikan bahasan tentang SEO secara keseluruhan.

Bahasan yang pertama kita sudah selesaikan, pada bahasan yang telah lalu tentang optimasi SEO On Page Blogspot yang bisa kita anggap mewakili SEO On Page secara menyeluruh. Dan sekarang saatnya kita coba untuk berbicara tentang SEO Off Page dan point – point apa saja yang sekiranya penting dalam cara optimasi SEO Off Page tersebut.

Pengertian SEO Off Page

cara optimasi seo off page

http://yiblab.com

Secara singkat mengenai apa itu SEO Off Page telah dibahas pada bahasan SEO secara umum, namun tidak mengapa kita singgung kembali. SEO Off Page bisa dipahami sebagai upaya atau usaha meningkatkan atau mengoptimalkan website pada mesin pencari yang dilakukan diluar website. Dan kebanyakan orang menyebutnya dengan link building.

Gambaran yang mudah mengenai SEO Off Page yaitu bagaimana membuat reputasi website kita baik dimata algoritma mesin pencari seperti google dan yang lainnya. Salah satu caranya adalah dengan membangun back link. Atau link – link dari website lain yang mengarah ke website kita.

Kasarannya, ketika website kita banyak direkomendasikan oleh website lain, maka reputasi website kita akan naik dan imbasnya, website tersebut menjadi rujukan mesin pencari dalam menyajikan informasi yang dicari melalui kata kunci yang orang ketik.

Oleh karena itu, pembahasan tentang SEO Off Page tidak lain adalah bagaimana cara membangun sebuah link yang terasa natural meskipun sebenarnya kita yang membuatnya secara tidak langsung. Mengenai hal ini ada banyak sekali wacana dari para pakar SEO tentang dimana dan bagaimana kita bisa membangun sebuah backlink untuk website kita.

Cara Optimasi SEO Off Page Sederhana

Berulang kali kita sampaikan, tipskomputer bukanlah website pakar SEO. Namun sekedar berbagi tips dan trik berkomputer, termasuk juga dalam hal bloging. Dengan berbekal pengalaman yang minim berikut ini sumber – sumber link yang masih relefan digunakan hingga tahun 2019 mendatang versi tips komputer.

1. Backlink Komentar

Pada masanya teknik ini merupakan cara paling mudah dan simpel yang dapat berfungsi meningkatkan reputasi website dengan signifikan. Namun berbeda dengan era sekarang. Link komentar di halaman website orang lain ini dianggap sebagai backlink yang memiliki kekuatan paling lemah.

Apakah masih bisa digunakan sekarang ini ? Menurut saya, jawabnya tergantung dari kemampuan masing – masing. Bila hanya itu yang bisa kita lakukan, mau apa lagi. Namun anda tidak perlu mengeluh, usaha yang kita lakukan sebanding dengan apa yang dihasilkan.

Secara singkat backlink ini dibuat dengan cara mengunjungi website atau blog milik orang lain kemudian meninggalkan komentar sembari memasukkan url blog. Tentu saja hal ini bisa anda lakukan bila website tersebut memberikan ruang untuk anda meninggalkan url blog. Bila tidak jangan coba – coba memasukkan url di isi komentar. Anda bisa dianggap Spam langsung dihapus.

Tips SEO Off Page dalam hal ini yang bisa anda lakukan adalah mencari website dengan kualitas bagus. Atau website milik pemerintah, website asing, dan website yang tidak terlalu banyak orang melakukan hal yang sama dengan anda.

2. Forum & Social Bookmark

Bisa dikatakan satu level dengan membuat komentar atau lebih tinggi derajatnya sedikit. Hingga saat ini masih terdapat banyak sekali forum atau social bookmark yang terbuka untuk umum. Anda dapat dengan mudah mendaftar menjadi member gratis dan dapat mengikuti diskusi forum ataupun berkomentar di dalamnya.

Bukan hanya sekedar mendaftar menjadi anggota forum, di sini kita juga bisa mengisi profil lengkap tentang data diri kita, termasuk juga di dalamnya isian mengenai home page atau website yang kita miliki. Nah dari situ kita bisa menanam backlink untuk website kita.

Tentu dari sekian banyak forum dan social bookmark yang bisa kita akses, tidak semuanya memberikan fasilitas tersebut. Dan apabila kita Analisa dengan google search console. Hanya sedikit yang dapat terindeks oleh mesin pencari google. Namun demikian, masih bisa anda coba dan lakukan hingga saat ini.

Kuncinya adalah dengan mencari forum – forum dimana kita bisa membuat dan memposting sebuah artikel ke dalamnya. Jadi bukan hanya sekedar url blog pada kolom profil, namun juga link dari artikel yang diposting di forum tersebut. Tentu saja akan memiliki nilai tambah apabila dibandingkan komentar dan data profil pribadi.

3. Web 2.0

Apa itu web 2.0 ? yaitu sebuah platform website tertentu yang memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk membuat website secara gratis. Namun dalam hal ini tentu saja alamat / url website menggunakan subdomain. Bukan domain seperti .com, .co.id, .net dan lain sebagainya. Contohnya blogger atau blogspot milik google.

Di blogger anda bisa membuat blog dalam jumlah banyak hanya dengan satu akun saja. Selain di blogger anda juga bisa memanfaatkan wordpress, Aircus dan yang sekarang sering muncul di iklan wix.com dan lain sebagainya.

Mekanisme backlink di sini yaitu dengan cara anda membuat blog web 2.0 kemudian memposting artikel sebagaimana blog dan website pada umumnya. Kemudian pada beberapa artikel anda menyelipkan backlink yang mengarah ke website anda.

Yang cukup terkenal oleh para pemain SEO yaitu web 2.0 yang sudah berumur dan memiliki reputasi yang cukup baik. Diaktifkan kembali dengan alamat web sama seperti pertama kalinya, web seperti ini sering dinamakan dengan web zombie. Hal ini dianggap akan lebih optimal ketimbang blog yang baru saja dibuat.

Menurut saya cara optimasi off page dengan blog web 2.0 seperti ini masih bekerja. Karena saya juga beberapa kali mencobanya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai tips optimasinya.

  • Web 2.0 memiliki kualitas cukup baik
  • Buatlah blog tersebut layaknya blog yang terawat dan diisi dengan banyak artikel yang selalu update
  • Batasi out link yang mengarah ke website anda

Tutorial : Cara membuat blog di blogger dalam hitungan detik

4. Manfaatkan Sosial Media

Sekarang sudah zamannya orang bersosialisasi di dalam dunia maya melalui berbagai macam media social. Media ini serba guna, bahkan sudah banyak digunakan sebagai ajang bisnis, menjual produk baik barang dan jasa. Hal ini bisa juga kita manfaatkan untuk membantu mendongkrak reputasi blog atau website sebagai sarana SEO Off Page.

Anda bisa menggunakan beberapa social media untuk mulai dari share artikel hingga bisa anda arahkan untuk mendongkrak trafik ke website anda. Bagaimanapun banyaknya share link artikel website anda akan berpengaruh terhadap reputasi website yang akhirnya bisa mendongkrak trafik sebagai tujuan utama optimasi SEO baik On Page ataupun Off Page.

5. PBN

Apa itu PBN ? yaitu kepanjangan dari Privat Blog Network. Entah apa itu nama dan istilahnya. PBN beberapa tahun yang lalu dianggap sebagai sarana link building paling membawa progress yang berlangsung secara cepat. Apakah sekarang masih bisa dilakukan ?

Menurut saya, tergantung model PBN tersebut, sejak google update di tahun 2018 kemaren. Banyak pemain PBN tumbang karena deindex. Meskipun demikian masih ada juga yan tetap bertahan dengan sleksi ketat.

Mungkin diantara anda ada yang belum ngeh apa yang dimaksud PBN. Baik, PBN itu sebenarnya sederhana. Yaitu blog dengan domain TLD yang dibuat dengan membeli domain Expairing, masa sebelum Expaired. Dengan demikian, reputasi blog tersebut masih terecord pada mesin pencari sehingga ketika domain tersebut diaktifkan dan dibuat blog, akan sangat cepat berkembang.

Hal ini dimanfaatkan dan digunakan untuk menanam Backlink yang mengarah ke website. Dari kualitas, jelas blog PBN akan sangat berpengaruh pada SEO Off Page. Bagaimana tidak, karena website atau blog kita mendapatkan rekomendasi (backlink) dari blog dengan reputasi yang tinggi.

Namun proses managemen blog PBN ini yang tercium oleh mesin pencari, yang akhirnya banyak mengalami deindex. Hal ini menurut saya karena ada mekanisme “Arisan”, satu website digunakan oleh ratusan blog atau bahkan lebih dengan kualitas artikel yang rendah, atau banyak mereka yang melanggar TOS.

Apakah PBN masih bisa digunakna hingga saat ini ? Tentu saja, namun dengan managemen yang baik dan bersih. Tips simpelnya adalah buatlah blog PBN itu seperti blog anda yang lainnya. Bukan hanya digunakan sebagai tempat menanam backlink yang jika sudah bisa anda biarkan begitu saja.

6. Guest Posting

Pengalaman pribadi yang pernah alami adalah mendapatkan Email dari website besar seperti traveloka. Email tersebut berisi tawaran kerja sama, yang inti utamanya adalah website tersebut ingin menanam backlink di blog atau website saya dengan kompensasi yang disepakati Bersama. Sejak saat itu, saya yakin bahwa Guest Posting merupakan kasta tertinggi dari jenis Backlink yang mengarah ke website kita.

Biasanya besarnya kompensasi yang disepakati tergantung dari reputasi website itu sendiri. Hal ini tentunya berbanding lurus, semakin tinggi kualitas dan reputasi website, semakin besar juga kompensasi yang diminta. Intinya backlink tipe ini tidak gratis, walaupun anda bisa mendapatkannya dengan gratis juga, akan tetapi pengaruhnya dinilai paling besar diantara jenis yang lainnya.

7. Wiki & Blog Edu/Gov/Ac.id

Sebagian besar pengguna internet pasti mengenal situs Wikipedia yang termuat dalam berbagai Bahasa termasuk juga Bahasa Indonesia. Apakah kita bermimpi untuk bisa mendapatkan rujukan dari website tersebut ? Ternyata tidak juga. Banyak website atau blog – blog pribadi berhasil mendapatkan link dari situs Wikipedia.

Caranya cukup mudah, namun anda harus jeli melihatnya. Pertama anda harus mendaftar member di situs tersebut. Kemudian, dari situ anda akan diberi akses untuk melakukan penambahan konten yang kurang lengkap di situs tersebut. Namun hal ini tentu melalui proses moderasi yang tidak sebentar dan cukup ketat.

Biarpun cukup ribet, namun anda perlu mencobanya dan efeknya cukup bagus untuk meningkatkan rating website kita. Selain dari wiki, banyak juga yang berpendapat blog – blog milik pemerintah yang resmi atau blog edukasi kampus dan instansi lain yang sejenis juga memiliki efek yang baik ketika kita berhasil mendapatkan link dari situ.

Adapun caranya, semua orang memiliki ide dan gagasan yang berbeda – beda tentang bagaimana memperolehnya. Yang pasti hal ini merupakan salah satu strategi optimasi SEO Off Page yang sekarang ini masih bisa kita lakukan.

Sekian saja bahasan SEO Off Page dari tipskomputer, semoga bisa menambah referensi anda dalam belajar ngeblog. Ada banyak hal yang belum sempurna pada tulisan ini mohon dimaklumi, sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

error: Content is protected !!