Mau Beli Laptop ? Baca Tipsnya Berikut Ini

Laptop sudah menjadi gadget pokok nomor dua setelah telepon pintar. Di zaman ini segala sesuatu banyak dikerjakan dengan sistem komputerisasi. Untuk itu, tak heran jika daya beli laptop masyarakat Indonesia semakin naik. Apakah Anda menjadi salah satu orang yang ingin membeli laptop hari ini? Jika benar, maka Anda harus mengetahui tips membeli laptop dengan aman seperti penjelasan di bawah ini.

Tips Membeli Laptop Baru

Sebagai pembeli yang cerdas, Anda harus bisa memenangkan pembelian barang yang Anda lakukan. Maksudnya menang adalah Anda bisa mendapatkan sesuatu dengan kualitas baik, harga yang pas, dan semuanya sesuai dengan kebutuhan. Termasuk saat Anda membeli komputer jinjing ini. Baiklah, inilah tips membeli laptop murah berkualitas untuk Anda.

1. Merk

Seperti yang sudah diketahui bahwa begitu banyak merk laptop yang beredar di negara ini. Untuk mendapatkan laptop berkualitas, pilihlah merk laptop yang terpercaya dan banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Sesuatu yang banyak dipilih biasanya memiliki banyak hal baik di dalamnya, termasuk pemilihan barang. Beberapa merk laptop paling laris Indonesia diantaranya Asus, Accer, Dell, Lenovo, dan Apple.

Apple memang merk paling wahid diantara yang lainnya, hanya saja harganya sangat mahal sehingga kurang pas untuk pelajar dan mahasiswa. Dell adalah brand yang hanya berfokus pada produksi laptop saja, tak heran jika hasil produknya terbaik. Asus, Accer, dan Lenovo ketiganya sama – sama digemari karena kualitasnya sangat bagus dan harganya yang sesuai.

Bisa dibaca : Daftar dan harga Laptop Toshiba Core i5 terbaru

2. Spesifikasi

Jika Akan membeli gadget seperti laptop, perhatikanlah spesifikasinya. Agar tidak ketinggalan jaman, pilihlah laptop dengan teknologi terbaru. Hal ini akan mempermudah pekerjaan Anda. Laptop yang sudah ketinggalan zaman biasanya kerjanya tidak sebanding dengan laptop dengan spesifikasi terbaru meskipun laptop pembanding tersebut bukan laptop terbaik.

Telitilah mengenai spesifikasi seperti prosesornya, apakah sudah menggunakan yang terbaru, seberapa besar kapasitas memory dan RAM, hard disk, optical drive, kamera, video graphic, layar, dan lain – lain. Sebaiknya sebelumnya Anda sudah mencari tahu di internet terlebih dahulu sehingga Anda tidak bingung saat membicarakan spesifikasi dengan penjual.

3. Kebutuhan

Belilah laptop sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk para pelajar sekolah menengah sebaiknya membeli laptop dengan spesifikasi dan kualitas standar. Itu sudah cukup, mengingat belum terlalu banyak kebutuhan pemakaiannya. Laptop dengan standard performance, selain banyak dipilih oleh para pelajar juga banyak dipakai oleh pekerja kantoran.

Untuk Anda para gamers, laptop yang dibeli haruslah dengan spesifikasi tinggi dan RAM yang besar agar tidak mengalami hambatan saat menggunakannya. Bagi Anda para content creator pun harus benar – benar memilih laptop dengan performa terbaik, sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan saat Anda gunakan untuk editing video dan aktifitas lain yang membuat laptop standby dalam waktu yang lama.

Baca : Cek Merk Laptop Terbaik Yang Pas Sesuai Kebutuhan

4. Harga

Sebelum membeli laptop, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu harga laptop yang ingin dibeli. Sesuaikan dengan budget Anda. Bandingkan harganya dari satu situs ke situs yang lain. Jika ingin membeli secara online, pastikan bahwa Anda tidak akan terkena tipu. Jangan mudah tergoda dengan online shop yang menjual laptop dengan harga sangat murah, bisa jadi itu adalah jebakan agar Anda mentransfer sejumlah uang.

Jika Anda membeli langsung di toko elektronik, maka tanyakan kepada penjual dengan budget yang Anda miliki laptop seperti apa yang bisa didapatkan. Bila memungkinkan, lakukan nego. Jangan lupa bandingkan secara cermat antara harga dan spesifikasinya. Itulah tips membeli laptop baru supaya tidak tertipu, terutama menyangkut harga.

5. Perhatikan Garansi

Garansi memang sangat penting. Hal ini akan mempermudah Anda jika dalam waktu tertentu atau belum lama semanjak Anda membeli terjadi kerusakan yang bukan disebabkan human error. Tanyakan kartu garansi, ketentuan garansi, dan apa saja yang termasuk dalam jaminan garansi kepada penjual. Jangan lupa menanyakan service center terdekat, agar nantinya memudahkan Anda dalam pengurusan garansi.

6. Bonus

Biasanya dalam satu kali pembelian laptop, Anda akan mendapatkan bonus seperti mouse, kipas anti panas, speaker portable, atau yang lainnya. Bonus juga bisa menjadi pertimbangan keuntungan yang akan Anda dapatkan saat membeli laptop jenis yang Anda inginkan.

7. Cek Kondisi

Setelah Anda sudah menentukan laptop mana yang akan dibeli, pastikan supaya Anda mendapatkan laptop dengan kondisi terbaik. Berhati – hatilah, terutama saat Anda membeli di pameran atau saat membeli pada momen diskon besar – besaran. Meski tidak semua, tetapi ada beberapa penjual nakal yang akan menjual barang dengan harga murah sebab sudah ada cacatnya.

Pelajari juga : Cara melihat spesifikasi Komputer & Laptop

Cobalah untuk menghidupkan dan mematikan laptop. Coba konektivitasnya misalnya pada LAN, Wifi, HDMI, USB, dan lain – lain. Tanyakan kepada penjual jika Anda kebingungan saat mengoperasikan. Apabila semua baik – baik saja, Anda cocok dengan spesifikasi, performa, maupun harganya, maka tidak salah jika Anda memutuskan untuk membelinya.

Leave a Reply