Bahas Lengkap Tentang Sejarah Printer & Perkembanggannya

Sejarah printer secara umum dimulai dari pemikiran bagaimana melakukan pencetakkan salinan halaman yang sama dalam jumlah yang banyak. Seperti mencetak surat kabar atau majalah, dan juga buku – buku yang dibutuhkan kala itu. Seiring dengan bergulirnya waktu dan perkembangan teknologi, sekarang bisa kita nikmati berbagai macam dan jenis mesin pencetak atau printer yang bisa dengan mudah kita gunakan. Namun tahukah anda bagaimana awal mula ide brilian ini ditemukan ?

Yuk sekarang kita ikuti pembahasan mengenai sejarah printer dan perkembangannya hingga saat ini.
Johhannes Gutenberg, seorang bekebangsaan Jerman, tepatnya di kota Mainz menciptakan sebuah metode baru dalam dunia pencetakan kala itu. Dulunya mesin pencetak yang sederhana telah ada di China dan Korea. Gutenberg mencoba metode baru yaitu dengan melakukan pengecoran potongan huruf dengan menggunakan logam timah. Dari hasil ciptaan Gutenberg, dan dipadukan dengan teknologi dari Asia timur, dan banyak penemuan lain seperti mesin pencetak balok kayu yang bisa dipindahkan sejarah printer mulai berkembang.

Bagaimanapun, perkembangan mesin pencetak di China dan Korea hingga sampai ke Eropa terdapat beberapa kekurangan. Hal ini karena karakteristiknya yang menggunakan alphabet China yang sulit diterapkan di mesin ketik di Eropa. Hal ini membatasi perkembangan mesin pencetak model China di Eropa sehingga tidak menimbulkan perubahan yang berarti, oleh karena itu tidak ada sejarah printer yang menarik dari sisi ini.

Tidak seperti mesin cetak Gutenberg yang cukup membawa dampak positif di dunia percetakan Eropa, sehingga dari itu disebutlah percetakan pertama al kitab karena berkat ditemukannya mesin cetak Gutenberg. Oleh karena dampaknya cukup membuat namanya tenar, hingga sekarang terkenal sebagai penemu teknologi printer pertama kali. Nah begitulah sejarah printer dan penemunya yang kita bisa sebut Johannes Gutenberg.

Untuk menambah wawasan kita lebih dalam mengenai sejarah printer, mari kita lanjutkan dengan pembahasan mengenai beberapa history awal dari beberapa macam jenis printer yang umum kita temukan dan digunakan hingga sekarang ini.

1. Sejarah Printer Dot Matrix

sejarah printer

Tidak ada sumber secara pasti yang menyebutkan dengan tegas darimana asal – usul penamaan Dot-Matrix ini. Mungkin diambil dari hasil cetakan yang dihasilkan oleh printer ini seperti berupa titik – titik yang terhubung, sehingga diistilahkan Dot-Matrix. Sejarah Printer ini dari awal mula ditemukannya juga sulit sekali dilacak, namun dimulai dari tahun 1957 sebuah perusahaan dengan nama IBM mengeluarkan printer dot-matrix pertama yang dijual ke pasaran.

Kemudian di tahun 1968 disusul oleh sebuah perusahaan pabrikan dari jepang OKI meluncurkan printer dot-matrix seri pertamanya yang diberi julukan OKI Wiredot. Printer seri ini mendukung generator 128 karakter dengan ukuran matrix cetakan 5 x 7. Printer ini dipasarkan hampir ke semua elemen atau lembaga tidak terkecuali pemerintahan. Dan karena pencapaian ini OKI mendapatkan penghargaan dari IPSJ ditahun 2013 kemaren.

Sejarah perkembangan printer dot matrix tidak terhenti sampai disitu, di tahun – tahun selanjutnya, semakin banyak perusahaan – perusahaan digital elektronik mengeluarkan printer dot-matrix dengan seri – seri unggulan mereka. Dan printer ini terus berkembang hingga sekarang yang telah dilengkapi dengan Print Head Electronic seperti merk – merk printer dot-matrik dipasaran kita saat ini.

2. Sejarah Printer Inkjet

sejarah printer inkjet

Awal mula ide penemuan jenis printer ini bermula sekitar abad ke-20 dan di era 1950 an printer ini mulai dikembangkan perusahaan – perusahaan besar seperti Canon, Epson, HP menjadi pioneer produsen printer jenis Inkjet ini. Mungkin sebagian dari anda yang telah membaca ulasan mengenai jenis – jenis printer sudah mengetahui seluk – beluk printer ini.

Printer InkJet merupakan jenis printer yang menggunakan tinta cair yang didorong diatas kertas. Prinsipnya adalah mencetak ulang gambar digital yang ada di komputer. Selain media kertas, printer ini juga bisa digunakan di media plastik dan yang lainnya. Printer jenis Inkjet umumnya digunakan oleh semua kalangan, mulai dari penggunaan personal, sekala pribadi hingga perusahaan besar dan studio foto.

Tentu anda tahu seri printer ip2770 merk Canon ? Nah itu salah satu jenis printer inkjet yang cukup legendaris hingga saat ini masih diproduksi. Sejarah printer canon ip2770 sejalan dengan perkembangan printer inkjet hingga saat ini telah banyak seri – serti diatasnya yang memiliki fitur baru seperti ditambah dengan media scan atau fotocopy.

Baca juga : Bagian – bagian Printer InkJet Canon Ip2770

3. Sejarah Printer Laser Jet

sejarah printer laser jet

Ada satu jenis printer lagi yang umumnya kita temukan bisa digunakan di banyak kebutuhan. Printer LaserJet merupakan perkembangan sejarah printer terbaru di dunia printer. Berawal pada tahun 1969 Gary Starkweather yang merupakan sesorang yang bertanggung jawab sebagai tim pengembang di perusahaan digital elektronik Xerox memiliki ide untuk menggunakan sinar laser ke dalam mesin cetak atau fotocopy.

Dari ide tersebut oleh Starkweather dan Ronald Rider sistem tersebut dikembangkan dengan menambah kontrol generator karakter untuk menghasilkan sebuah printer yang sekarang kita sebut dengan istilah printer LaserJet. Hal itu terjadi sekitar tahun 1972 dan akhirnya printer tersebut menjadi Printer laserjet Xerox tipe 9700.

Dari awal mula sejarah printer laserjet dimulai dari Xerox, perusahaan lain juga ternyata memiliki pikiran yang sama. Seperti tidak mau kalah dengan Xerox, Canon pada tahun 1979 ikut juga mengembangkan teknologi laserjet dengan membuat printer desktop dengan harga yang lebih murah yaitu Canon LBP -10. Dan itupun terus berkembang dan mengalami penyempurnaan hingga sekarang ini.

Ternyata di tahun lahir saya (1985) Apple meluncurkan LaserWriter, sebuah produk yang juga didasarkan pada lahirnya Canon CX. Namun Apple menggunakan sebuah sistem baru yaitu menggunakan PostScript yang baru saja rilis. Dengan perangkat ini memungkinkan pengguna tidak bergantung kepada merk – merk tertentu untuk mencetak resolusi yang baik terhadap gambar, grafik, dan juga warnanya. Namun bagaimanapun, perangkat Apple merupakan perangkat yang cukup mahal dan kalau boleh dibilang tidak terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Informasi penting lainnya : 5 Langkah merawat printer agar awet dan tahan lama

Nah, mungkin ini saja yang bisa kita ulas mengenai sejarah printer dan perkembangannya hingga saat ini. Berbagai macam jenis printer yang kita gunakan saat ini merupakan buah dari karya – karya besar mereka yang patut kita apresiasi. Ikuti terus update informasi sepurat teknologi komputer, printer, software dan berbagai macam tips – tips menarik menggunakan komputer di website tipskomputer. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply