Sedikit Mengenal Tentang BIOS Dan Fungsinya

Ketika anda berfikir tentang komputer, apa yang ada di dalam benak anda ? Tentu saja monitor, CPU, Mouse dan Keyboard. Selanjutnya ketika komputer sudah aktif yang kita lihat adalah Windows. Pada dasarnya yang kita bicarakan ini adalah perangkat lunak dan perangkat keras komputer. Namun ada satu hal yang belum banyak orang ketahui. Apa itu ? BIOS komputer.

BIOS merupakan sistem perangkat lunak komputer yang bisa diakses sebelum kompuer masuk ke sistem operasi windows. BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System, yang berarti sistem dasar yang mengatur input dan juga output. BIOS tersimpan dalam flah memory (ROM) CMOS dengan bahasa Asembly.

Di dalam CMOS terdapat power baterai yang berfungsi untuk menjaga sitem tetap menyala sehingga beberapa pengaturan waktu dan yang lainnya tidak terestart pada pengaturan semula (default).

Cara Mengakses BIOS

Pentingnya fungsi BIOS bisa membuat komputer tidak bisa kita akses. Ketika ada masalah pada BIOS, terkadang yang akan kita alami adalah komputer gagal booting. Hal ini jelas karena BIOS merupakan sistem dasar yang berfungsi untuk menginisialisasi perangkat komputer sebelum windows aktif.

Semua jenis komputer pasti memiliki BIOS dan anda bisa mengaksesnya ketika menyalakan komputer sebelum masuk ke sistem operasi pada hardisk. Masing – masing merk dan model memiliki pengaturan berbeda – beda dalam hal mengakses BIOS. Namun biasanya langkah – langkah mengakses BIOS sebagai berikut :

  • Nyalakan komputer dengan menekan tombol On/Off
  • Setelah monitor nyala, tekan terus tombol delet pada keyboard
  • Tidak lama kemudian anda akan masuk pada pengaturan BIOS
  • Terkadang ada juga yang menggunakan tombol F2 ada juga yang lainnya.

Perlu diketahui, apabila anda gunakan PC, BIOS dapat diakses jika anda menggunakan keyboard port bukan keyboard USB. Karena USB akan aktif ketika komputer telah masuk Windows.

Fungsi BIOS Komputer

Nah, itu sekilas mengenai sistem BIOS komputer dan juga bagaimana cara mengaksesnya. Sekarang, untuk apa sih BIOS dipasang di komputer kita ? Berikut ini beberapa fungsi BIOS pada komputer.

√ POST ( Power On Selft Test)

Inilah fungsi utama BIOS komputer, yaitu memberikan melakukan inisialisasi atau identifikasi terhadap perangkat komputer seperti Proccesor, RAM, Grapic Card (VGA), Sound Card, Keyboard, Mouse dan prangkat keras komputer lainnya yang terpasang di komputer tersebut.

√ Basic Seting Pada Komputer

Diatas telah dibahas tentang CMOS. Disana terdapat baterai CMOS yang befungsi untuk menjaga sistem agar tetap pada pengaturan defaultnya. Nah, pengaturan tersebut diantaranya adalah pengaturan dasar dimana BIOS memberi peranan penting. Pengatran lainnya yaitu konfigurasi perangkat keras yang satu dan yang lainnya yang disesuaikan berdasarkan fungsinya masing – masing. Cntoh pengaturan seperti mengatur User Password.

√ Informasi Dasar Komputer

Selain fungsi utama untuk menginisialisasi dan mengenali seluruh perangkat keras yang ada, BIOS juga berfungsi untuk memberikan informasi dasar pada komputer. Contohnya seperti informasi perangkat harddisk yang akan difungsikan sebagai media penyimpanan, kemudian DVD room sebagai device untuk membaca CD atau DVD. Dan lain sejensinya. Selain itu kita juga bisa melihat informasi lainnya seperti status kesehatan komputer (PC Healt Status).

Contoh Tampilan Dan Menu BIOS Pada Komputer

Tadi kita sudah belajar bagaimana cara mengakses BIOS. Jika anda masuk pada BIOS maka menu – menu yang akan tampil kurang lebih seperti ditunjukan oleh gambar berikut ini :

BIOS komputer

Walaupun antara merk dan tipe komputer yang satu dan yang lainnya tekadang berbeda. Namun menu – menu yang disajikan kurang lebih akan sama. Anda bisa melihat beberapa pengaturan pada menu BIOS ini.

  • Standar CMOS Features
  • Advanced BIOS Features
  • Advance Chgipset Features
  • Integrated Peripherals
  • Power Management Setup
  • PnP/PCI Configuration
  • PC Healt Status
  • Frequency/ VOltage Control
  • Load File-Safe Defaults
  • Load Optimized Defaults
  • Set Supervisor Password
  • Set User Password
  • Save & Exit Setupe
  • Exit Without Saving

Seperti ketika kita akan melakukan instal windows melalui CD, maka ada pengaturan yang kita lakukan pada BIOS agar menginisialisasi sistem yang pertama kali di baca adalah data dari CD bukan dari hardisk. Itu salah satu contoh pengaturannya. Dan anda bisa lihat dan pelajari pengaturan – pengaturan lainnya.

Baca juga : Tutorial Reset BIOS komputer dengan beberapa metode

Leave a Reply

error: Content is protected !!